Tips Melakukan Personal Branding Meskipun Memiliki Nama Pasaran

Tips Melakukan Personal Branding Meskipun Memiliki Nama Pasaran

by 21 September 2015 0 comments

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama Raditya Dika? Sandiaga Uno? Atau Putu Putrayasa?. Pasti ada sesuatu yang melekat dan langsung terlintas sepersekian detik ketika nama itu disebutkan. Itulah kekuatan personal branding.

Personal branding menjadi salah satu intangible aset yang wajib dimiliki pebisnis ataupun profesional. Memiliki personal branding yang kuat akan meningkatkan nilai dan kepercayaan klien, mitra bisnis atau bahkan pelanggan kita.

Salah satu cara sederhana mengetahui sudah seberapa kuat personal branding kita adalah dengan mengetahui apa yang orang pikirkan begitu mendengar nama Anda? atau sebaliknya ketika seseorang mengingat sesuatu hal ia pun akan mengingat nama Anda?. Atau lebih sederhana lagi, apa yang muncul di Google begitu nama Anda diketikan di kolom search. Apakah google mengenal dan menceritakan sesuatu tentang Anda?.

Namun yang sering menjadi persoalan ketika nama yang kita miliki merupakan nama-nama yang umum dan dimiliki banyak orang juga. Tentu akan menjadi persaingan tersendiri bagaimana caranya ketika nama Anda disebutkan maka Anda dengan cerita tentang Anda-lah yang muncul atau diingat orang. Lalu haruskah Anda mengganti nama? Saya rasa tidak perlu sampai melakukan hal itu.

Karena berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membentuk personal branding Anda meskipun memiliki nama yang umum :

  1. Ceritakan Spesialisasi Anda

Apa yang Anda katakan akan membentuk opini atau penilaian orang lain kepada Anda. Ceritakan segala hal yang berhubungan dengan spesialiti atau branding Anda melalui sosial media, blog atau media lainnya. Misalkan jika Anda ingin dikenal sebagai ahli fashion. Maka ceritakanlah kecintaan Anda pada fashion, share pengetahuan dan kegiatan Anda yang berhubungan dengan fashion.

  1. Tambahkan Nama Belakan Anda

Nah jika memungkinkan Anda juga bisa menambahkan kata yang menggambarkan spesialiti/keunikan/ciri khas Anda di belakang atau depan nama Anda. Semisal JayaYEA, JayTeroris, dan banyak lagi contoh lainnya.

  1. Buatlah Akun Sosial Media dengan nama yang sama

Buatlah semudah mungkin orang mengenali Anda. Gunakan nama yang sama di seluruh akun sosial media yang Anda buat. Beberapa sosial media yang cukup bagus dan support untuk personal branding agar mudah ditemukan di internet diantaranya G+, about.me, dan LinkedIn.

  1. Buatlah website personal Anda

Memiliki website personal  menjelaskan berbagai informasi tentang Anda, akan membuat Anda nampak lebih profesional dan dapat dipercaya. Segera amankan domain untuk nama Anda dan jadikan itu sebagai tenaga promosi yang berjalan 24 jam untuk memperkenalkan Anda kepada orang lain.

  1. Aktiv di berbagai forum

Jalin hubungan dengan sebanyak mungkin orang dengan mengikuti forum-forum terutama yang sesuai dengan spesialiti Anda. Misalkan Anda ingin dikenal sebagai pengusaha maka bergabunglah dengan forum pengusaha. Atau organisasi seperti AEKI jika Anda berbisnis kopi, misalkan. Dan tak hanya bergabung Anda juga harus aktiv dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan forum tersebut. Dengan begitu nama Anda akan semakin dikenal dengan personal branding seperti yang Anda inginkan.

Demikian tips kali ini. Semoga bermanfaat.

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

<