KIAT HADAPI PERSAINGAN

KIAT HADAPI PERSAINGAN

by 22 February 2015

Pak Putu yang semakin mengHebat,

Saya mau bertanya kepada Bapak, bagaimana mengatasi persaingan pasar yang ketat? Karena saya mempunyai usaha di daerah yang banyak sekali usaha sejenis dengan saya. -Mas Nug

Dear Mas Nug yang terus MengHEBAT,

Persaingan memang salah satu penyebab yang menyebabkan kebangkrutan. Persaingan menyebabkan penjualan menurun, yang akhirnya menyebabkan rugi perusahaan dan memaksa kepada kebangkrutan.

Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur kita wajib memiliki jiwa kreatif. Kreativitas artinya membuat sesuatu yang berbeda atau membuat perbedaan pada sesuatu yang sudah ada sebelumnya.

Untuk memenangi persaingan, setidaknya ada strategi yang utama untuk masuk ke market. Strategi yang pertama adalah menjual keunikan. Strategi kedua adalah menjual dengan harga yang lebih murah. Kalau anda mau lebih powerfull maka kombinasikanlah keduanya.

Air Asia dan Lion, misalnya, masuk ke market sekaligus bertahan sebagai maskapai penerbangan terbaik melalui strategi low cost carrier. Mereka masuk dengan harga yang lebih murah—memang murahnya tak terkalahkan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah ada sebelumnya.

Apple melakukan strategi masuk ke market dengan keunikan. Ketika pasar didominasi oleh Dos dan windows oleh Microsoft, Apple masuk ke market dengan software yang sama sekali berbeda dan tahan terhadap serangan virus yang menjadi momok bagi para mengguna software besutan microsoft.

Blackberry menumbangkan dominasi Nokia, begitu juga Android menumbangkan dominasi B, adalah karena keunikan yang dihasilkan oleh mereka. Saya kira, Android menggunakan kombinasi keunikan dan harga yang lebih murah sekaligus sehingga Android menjadi begitu menariknya bagi para pengguna smartphone.

Harga murah bisa dihasilkan dari produksi atau pembelian massal. Memproduksi produk hand made, seperti patung yang dibuat hanya satu-satunya oleh pemahatnya, tentu berbeda dengan patung-patung yang dibuat secara pabrikasi.

Keunikan, atau selling point, dihasilkan dari kreativitas menambahkan, mengurangi, menggabungkan, atau menghilangkan sebuah fitur. Smartphone, misalnya, adalah kreativitas menggabungkan teknologi telpon rumah, handphone berbasis suara dan text, menjadi handpone pintar yang bisa mengelola data dan video.

Tablet adalah penyederhanaan dari laptop, di mana laptop adalah penyederhanaan dari komputer PC. Dari komputer PC ke laptop sampai dengan tablet, semuanya memiliki ide untuk menghilangkan berat atau bobot dari sebuah komputer PC atau laptop.

Kita bisa melakukan brainstorming dengan konsumen dan tim agar benar-benar bisa menemukan produk yang benar-benar diinginkan oleh konsumen. Nah, apa yang bisa dihilangkan, dikurangi, ditambahkan, atau digabungkan bagi produk atau jasa bapak yang bisa menyebabkan produk atau jasa bapak lebih unggul dan bisa memenangkan persaingan?

Selamat melakukan inovasi dan melaju cepat di sirkuit perlombaaan bisnis Bapak ya…