4 PILAR TAKE OVER BISNIS

4 PILAR TAKE OVER BISNIS

by 20 February 2015 1 comment

Salam hebat Pak Putu,

Saya amati Pak Putu sukses dalam mengambil alih (take over) usaha yang nyaris macet menjadi kembali laris. Kalau boleh tahu, apa rahasianya? – Bintoro

Salam Hebat Pak Bintoro,

Take over bisnis yang sedang kolaps, membangunkannya menjadi bisnis yang kembali bergigi bahkan trenggginas di market merupakan salah satu mimpi terbesar saya. Saya terinspirasi bagaimana Chairaul Tanjung take over Bank Mega, Tony Fernandes yang membuat Air Asia sebagai jawara penerbangan low cost seusai diambil alih dengan modal satu ringgit saja.

Semangat, inspiration, dan passion adalah kunci untuk sukses dalam bisnis yang saya take over. Belum banyak memang. Ada perguruan tinggi, restoran, kos-kosan dan perumahan, serta memberi konsultansi bisnis untuk rumah sakit yang perlu sentuhan saya bersama tim.

Semangat itu penting dalam take over sebuah bisnis namun tidak cukup. Stamina, finansial, pengalaman, skill, team work, dan strategi penting sebagai faktor kunci untuk sukses.

Ketika take over sebuah bisnis pertama saya lakukan, saya telah memiliki pengalaman nyaris bangkrut di bisnis komputer, membangkitkan perguruan tinggi yang mulai menurun, yang saya bangun beberapa tahun sebelumnya. Pengalaman penting karena dengan pengalaman kita mengasah skill kita.

Menariknya, pengalaman di satu bidang bisa bikin kita memahami prinsip-prinsip dari 4 pilar bisnis. 4 pilar bisnis yang saya maksud adalah pilar marketing, finansial, produksi, dan SDM. Jika kita cukup lihai dalam memainkan 4 pilar bisnis ini maka bisnis apa pun yang akan kita masuki relatif jauh lebih cepat untuk kita masuki. Seringkali, konteks lebih penting daripada konten bisnisnya.

Sayangnya, tidaklah mudah mempelajari 4 pilar bisnis ini. Perlu jam terbang, setidaknya 10.000 jam, untuk melatihnya. Itulah mengapa saya mengajarkannya selama 3,5 tahun di @STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha, yang sedang bertransformasi menjadi Hebat Business School.

Demikian sedikit berbagi pengalaman saya dalam take over beberapa bisnis yang saya alami. Semoga menjadi inspirasi ke depan.

1 Comment so far

Jump into a conversation

<