PROMOSI BATIK

PROMOSI BATIK

by 18 February 2015

Salam hebat Pak Putu,

Saya penjual batik online yang menjahit baju sendiri. Pertanyaan saya, bagaimana mengatur stok supaya tidak menghabiskan modal? Trus kalau mau pasang iklan yang pas di mana? –Pratiwi

Bu Pratiwi yang mengHEBAT,

Memulai dengan modal terbatas adalah awal yang baik dalam berbisnis. Karena dengan keterbatasan modal, kita akan dipaksa berpikir keras, menemukan cara-cara baru dalam berbisnis.

Cara-cara baru ini adalah kreativitas. Kreativitas menghasilkan inovasi, inovasi menghasilkan keunggulan. Keunggulan-keunggulan akan membentuk karakter keunikan bisnis kita. Keunikan ini yang membuat bisnis kita lebih kuat dan tahan badai krisis serta terhindar dari kebangkrutan.

Mengatur stok yang just in time adalah salah satu strategi agar modal untuk stok tidak terlalu banyak yang dibutuhkan. Misal anda seminggu menjual 10 potong pakaian maka stok cukuplah 10 potong. Namun jika ternyata omset meningkat jadi 100 potong per minggu, mungkin anda perlu membuat menjadi anda memiliki stok 50 potong per 3 hari. Artinya belanja bahan anda lakukan 3 hari sekali. Mengapa? Agar anda tidak perlu modal untuk 100 potong, melainkan memutar modal yang 50 potong.

Jika anda memiliki brand yang cukup kuat dan konsumen yang cukup loyal,  nanti anda bisa memberlakukan pre order. Pembeli transfer dulu, barangnya dikirim 1-2 minggu kemudian. Artinya anda hanya akan menjahit yang sudah dipesan oleh konsumen anda. Dengan begitu, anda tidak mengalami masalah lagi dengan modal untuk membeli kain di bisnis anda.

Lalu bagaimana cara promosinya?

Saat ini, promosi paling murah buat semua UKM adalah internet dan media sosial. Saya sangat menyarankan setiap orang yang ingin menjadi entrepreneur belajarlah bagaimana menjual lewat teknologi yang satu ini: internet.

Menjual melalui internet yang saya lakukan adalah mengombinasikan antara market place, website, social media, dan gadget.Market place semacam berniaga.com dan olx.co.id adalah tempat beriklan yang baik karena dengan gratis anda memiliki potensi untuk memperkenalkan produk anda kepada banyak orang.

Website ibarat toko anda, jadi anda perlu punya toko maya. Di sanalah anda pajang produk dan etalase anda. Sekarang banyak yang bisa membuatkan website hanya dengan Rp 500 ribu saja. Social media semacam facebook dan twitter adalah alat promosi yang luar biasa karena keduanya tempat berkumpulnya orang-orang.

Selanjutnya adalah gadget. 1 dari 2 orang sekarang menggunakan gadget. Artinya, lebih dari 120 juta orang di Indonesia pakai gadget. Dalam gadget ada BBM , whatsapp, chat, dll. Pelajarilah bagaimana dengan itu semua anda bisa menjual.

Jika anda mengombinasikan semua itu, mudah-mudahan omset anda akan meledak ratusan bahkan ribuan persen…