NAIKKAN OMSET

NAIKKAN OMSET

by 17 February 2015 3 comments

Salam Hebat Pak Putu,

Saya ingin menanyakan kiat usaha supaya berkembang marketnya. Saat ini saya berjualan pakaian rumah dan baju muslim. Baru kecil-kecilan karena modal terbatas. Lewat FB saya juga jualan. Tapi saya merasa belum dan tidak puas. Bagaimana kiat supaya laris ya Pak? Terima kasih. Ibu Danik.

Dear Ibu Danik yg terus mengHEBAT,

Selamat atas telah mulai berjalannya bisnis ibu, dan tidak perlu berkecil hati. Jika ibu hari ini menyebutnya kecil-kecilan, saya lebih menyarankan ibu menggunakan kalimat “belajar dan berproses untuk menjadi BESAR”. Inilah yang saya gunakan untuk memprogram pikiran bawah sadar saya selama 18 tahun berbisnis.

Lalu bagaimana caranya agar market ibu berkembang? Saya menyarankan ibu:

1. Bergabung dengan berbagai komunitas sejenis dengan bisnis Ibu. Ini akan membuat ibu memiliki jaringan suplier, jaringan pemberi saran, nasihat, dan konsultan yg lebih murah, bahkan ibu bisa menemukan partner bisnis di sana…

2. Bergabunglah dengan komunitas non-sejenis. Artinya ibu membuka bisnis ibu di komunitas lain. Gunakan kartu nama, aktivitas, kepanitiaan dll, agar usaha ibu dikenal. Saya menyebutnya dengan istilah “personal branding” dan “product branding”.

3. Ikutilah cukup banyak komunitas. Semakin banyak komunitas, semakin banyak yang akan mengenal ibu. Nanti tentu ibu perlu FOKUS kepada 20% komunitas yang menghasilkan 80% omset. Pelan-pelan juga ibu perlu naikkan segmen marketnya…

4. Berbicara komunitas, ibu bisa bergabung dengan forum komunitas offline maupun online di mana pun itu. Aktiflah mengenalkan diri dengan personal dan product branding yang unik, berulang, dan konsisten.

5. Setelah mengenali karakteristik sebuah komunitas, buatlah komunitas offline dan online, di mana ibu adalah pendiri komunitas tersebut. Di sini ibu bangun keanggotaan yang banyak. Bisa dengan grup BB, WA, FB, Twitter, kopdar, dll. Komunitas adalah market ibu. Ibarat menanam pohon mangga, perlu waktu untuk merawatnya agar kelak berbuah lebat dan ranum, bahkan tanpa diapa-apakan.

6. Buatlah website ibu sendiri… Ini akan mengangkat personal dan product branding ibu. Garaplah secara elegan untuk menaikkan kelas ibu…

Demikian saran saya Bu Danik, semoga ibu, bisnis, dan komunitas ibu akan semakin mengHEBAT…

3 Comments so far

Jump into a conversation
  1. Ika Swastina Puspita Sari
    #1 Ika Swastina Puspita Sari 18 February, 2015, 23:56

    Pak Putu…
    Saya wanita kelahiran Klaten usia 31th per 20 April 1984, beragama Hindu…dan berijasah S1 Filsafat UGM n S2 Pendidikan Agama Hindu UNHI…sebagai dosen mata kuliah umum (Filsafat timur, Filsafat Ilmu, Komunikasi massa, Ilmu Kealaman Dasar dll) selama 5tahun di STHD Klaten dan sudah memiliki NIDN yg dikeluarkan oleh kopertis…bulan november 2014 memutuskan resign dr kerja karna tdk cocok dng sistem yg amburadul dan mendapat surat tanggapan per awal januari 2015.
    selama menganggur 1 bulan saya mendirikan kedai mungil es durian medan n mie kopyok.
    jiwa saya adalah seorang pendidik…tp skrg off kerja n jualan. bagaimana menumbuhkan semangat berbisnis sedang saya saat ini masih gelisah mencari pekerjaan sbagai dosen.

    Reply this comment
  2. Herya Media
    #2 Herya Media 15 March, 2015, 12:07

    keren pak sarannya akan coba kami laksanakan. teruslah berkarya dan teruslah KREATIF.

    Reply this comment
  3. Jalilah
    #3 Jalilah 17 March, 2015, 17:49

    Terima kasih artikelnya Pak Putu, akan saya coba praktekkan untuk kemajuan bisnis saya yang sedang belajar dan berproses ke arah yang lebih besar.

    Reply this comment

<