INVESTASI PETERNAKAN AYAM

INVESTASI PETERNAKAN AYAM

by 16 February 2015 0 comments

Salam Hebat Pak Putu,

Perkenalkan, nama saya Sri (35 th) PNS. Suami saya juga PNS dan dikaruniai 3 orang putri usia 8 th, 6 th, dan 4 th. Saat ini pendapatan saya dan suami cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Dan setiap bulan saya bisa menabung 500ribu. Namun saya yakin setelah anak-anak saya besar nanti, pasti kebutuhan untuk mereka akan melonjak naik. Untuk itu saya dan suami ingin meningkatkan pendapatan. Om saya yang sudah lama menggeluti usaha peternakan ayam potong, menyarankan kpd kami agar mengikuti jejaknya. Kami hanya diminta membuat bangunannya + beli anak ayam + makan + obat-obatan, dan yang merawat setiap harinya om saya tersebut. Dan hasilnya setelah panen nanti dibagi dua. Bagaimana menurut Bapak? –Sri Wahyuningsih

Pagi Bu Sri yang Hebat,

Untuk meningkatkan pendapatan ada bermacam cara:
1. Menambah skill
2. Berinvestasi
3. Kombinasi

Menurut pendapat saya, kalau ibu pakai cara tersebut adalah investasi. Nah tinggal seberapa tingkat kepercayaan pada om ibu. Jangan lupa, bisnis barang bernyawa berisiko cukup tinggi. Jika ibu masuk ke sana, maka ibu harus siap mental dan memiliki modal setidaknya 3x lipat dari masuk pertama kali agar tidak kehabisan modal di genjotan pertama.

Sebelum ibu akan berinvestasi, pastikan dulu ibu sudah belajar banyak untuk itu.  Skill yang paling saya sarankan untuk dipelajari adalah menjual. Skill ini sangat dibutuhkan ketika ibu berbisnis. 4 pilar bisnis akan lebih mudah ditegakkan ketika ibu menguasai pilar marketing dan menjual.

Pilar lain adalah keuangan. Pilar keuangan ini dihidupkan oleh uang dari kreditor berupa pinjaman, investor berupa saham, dan cashflow atau keuntungan berupa omset penjualan.

Sementara kreditor dan investor memberi beban berupa bunga atau bagi hasil, omset penjualan memberi profit di dalamnya. Itulah sebabnya saya sangat menganjurkan kepada para pembelajar di Kos Hebat atau di STIEBBANK “Kampus Pencetak Pengusaha” untuk belajar menjual, baik melalui offline maupun online.

Melalui pilar marketing dan Penjualan, cashFlow akan lebih aman. Pilar finansial akan lebih terjaga. Dari finansial yg baik, pilar produksi akan lebih mudah dilaksanakan. Begitu juga organisasi akan bertumbuh dengan lebih mudah sekaligus lebih kuat ketika finansial dan produksi baik.

Semoga bermanfaat ya Bu. Jika ada pertanyaan lanjutan silakan sampaikan kepada kami.

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

<