Melipatgandakan Bukan Menambah

Melipatgandakan Bukan Menambah

17 February 2015

Kita menambah dengan jalan menabung, tetapi melipatgandakan dengan jalan melakukan investasi. Nah, penasaran kan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Simak pemaparan berikut ini.

Banyak perusahaan yang berani membagikan produk terbaru mereka secara gratis dalam event-event tertentu seperti gowes massal dan acara musik sebagai bahan promosi. Jika kemudian produk mereka disukai masyarakat, penjualan mereka akan meledak. Nilai produk yang dibagikan gratis itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan keuntungan yang diperoleh dari penjualan yang besar. Inilah suatu bentuk investasi yang dilakukan.

Apakah suatu investasi pasti berhasil? Yang namanya investasi selalu mengandung resiko. Tinggal bagaimana kita mengelolanya. Kita tidak pernah bisa menikmati kecanggihan teknologi seperti sekarang ini jika tidak ada  orang yang berani mengambil risiko. Seorang ibu berani mengambil risiko hidup atau mati saat melahirkan.

Sebagian besar orang dalam hidupnya hanya berfokus menambah jumlah penghasilan mereka dengan jalan kenaikan gaji atau pendapatan kemudian menabungnya. Mereka tidak berani melepas apa yang ada di tangan mereka untuk berinvestasi karena khawatir dengan risiko. Ibarat petani yang tidak berani menabur benih yang ada di tangannya, dia tidak akan menuai apa-apa di kemudian hari. Kekhawatiran akan risiko biasanya didasarkan karena tidak memiliki pengetahuan yang memadai di bidang tersebut. Bayangkan jika Anda memiliki ilmu melipat aset, Anda dengan mudah bisa membuat aset Anda 10x lipat tahun depan. Karena bentuk investasi yang paling menguntungkan adalah investasi leher ke atas/pikiran.

Sebagai contoh, Anda bisa membuka web www.wealthmastercamp.weebly.com. Di situ tertera informasi bahwa untuk mencapai pelipatgandaan aset seperti di atas, anda perlu melibatkan diri dalam proyek-proyek besar. Hanya dengan terlibat, anda akan semakin paham tentang manfaat investasi. Dan investasi SDM (sumber daya manusia) adalah salah satu investasi utama yang mempengaruhi bisnis Anda di masa depan. Semoga tulisan ini menginspirasi.

Peter Dendi

Dosen @STIEBBANK