Strategi Bisnis Online

Strategi Bisnis Online

by 12 February 2015

Salam hebat Pak Putu

Saya mahasiswa Pak. Bagaimana cara mengoptimalkan bisnis lewat internet (media sosial)? Kan sudah banyak banget online shop sekarang. Thx. Fifien

Salam Hebat Mbak Fifien,

Seperti halnya di bisnis konvensional alias offline, bisnis online sekarang sudah menunjukkan perkembangan luar biasa. Dalam sebuah berita, saya baca, kantor pajak mengatakan omset bisnis online telah mencapai 96 triliun tahun lalu. Artinya? Bisnis online telah berangkat menjadi besar dan semakin besar setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja bisa diartikan sebagai peluang, yaitu bisnis semakin membesar, sementara yang lain beranggapan ini ancaman; artinya sudah begitu banyak pelaku bisnis online.

Kalau dilihat dari besar, maka omset sebesar 96 triliun baru sekitar 5% PDB. Artinya peluang masih sangat besar untuk dikembangkan. Lalu bagaimana dengan persaingan yang merupakan ancamannya?

Persaingan, dengan banyaknya toko online, perlu disikapi secara kreatif. Sudah hukumnya, “ada gula maka akan ada semut”. Ketika sebuah peluang bisnis memberi keuntungan, orang akan berbondong-bondong mengerjakannya. Maka saran saya, gunakan 4 langkah ini….

Pertama, siapkan MINDSET siap bersaing. Jangan pernah pergi ke medan pertempuran tanpa senjata dan tanpa keahlian menggunakannya. Kira-kira begitu nasihat bijak jika anda boleh mengandaikan bisnis sebagai medan pertempuran. Saran saya, pilihlah bisnis yang memang sudah “nyata” kebutuhannya di dunia offline, yang ditunjukkan dengan perusahaan-perusahaan besar dan mapan dari industri tersebut. Misal, saya memilih usaha properti, dan itu adalah salah satu kebutuhan pokok. Sudah ada perusahaan-perusahaan besar seperti Ciputra, Lippo, Bakrie Land, Agung Podomoro, dll yang telah berusia puluhan tahun di industri ini.

Kedua, belajarlah teknis keahlian internet marketing, bagaimana menggunakan tools social media seperti Facebook, Facebook Fans Page, Facebook Group, BBM, Twitter, website dan blogging. Keahlian itu mutlak harus dikuasai, selain keahlian menggunakan email tentunya.

Ketiga, tools sendiri yang sudah merupakan account anda. Bikin account Facebook, Twitter, BBM dan website yang diperuntukkan untuk bisnis anda. Misal, untuk bisnis tanah saya, saya menyiapkan Account Facebook: Kavling Tanah, Twitter: @KavlingTanah dan Website KavlingTanah.com, serta BBM yang menangani pertanyaan-pertanyaan calon pembeli.

Keempat, promosikan semua tools anda. Anda bisa menggunakan Olx.co.id, iklan koran, berniaga.com, kaskus, rumah123.com, rumah.com , Facebook Group, Twitter, dll. Banyak cara untuk mempromosikan bisnis anda setiap hari. Perbanyak follower anda, fans, kontak BB anda agar bisnis anda semakin besar.

Demikian 4 langkah yang perlu anda lakukan untuk sukses di bisnis online. Tetaplah kreatif, inovatif, dan semangattt sobat…