Target Akhir Tahun

Target Akhir Tahun

by 10 February 2015

Pak Putu yang Hebat,

Setiap mau akhir tahun, saya selalu dipusingkan dengan target penjualan yang harus saya capai. Waktunya serasa mepet sekali. Mohon saran Pak, bagaimana tetap fokus pada penjualan? Oh ya, saya sales produk kecantikan Pak. -Yulita

Dear bu Yulita yg SELALU mengHEBAT,

Jika masalah ibu selalu muncul di Akhir Tahun, maka penyelesaiannya bisa dirancang setiap akhir tahun.

Permasalahan yang ibu hadapi adalah target penjualan tahunan ya, Bu? Yess!! Ibu adalah sales normal, seperti para sales pada umumnya di muka bumi ini. Mereka menemui masalah yang mirip-mirip dengan masalah yang ibu hadapi.

Saya punya saran. Jika ibu sudah mengetahui targetnya di awal tahun maka inilah beberapa cara yang bisa Ibu terapkan:

1. Buatlah target dua kali lipat
Iya Bu, buatlah target dua kali lipat dari yang telah ditargetkan oleh perusahaan. Misalnya, target setahun satu miliar maka buatlah menjadi dua miliar.

2. Bagilah dalam dua belas bulan
Jadi kalo dua miliar dibagi 12 bulan, kurang lebih 170 juta ya, Bu? Nah sekarang kita tahu itulah target yang harus Ibu dan tim capai dalam sebulan.

3. Siapkan mental anda
Saya paham, jika target yang biasa saja sudah bikin pusing, bagaimana yang dua kali lipat? Pasti tambah pusing. Tapi percayalah, otak kita, diciptakan oleh-Nya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan. Seberat apa pun itu, sepanjang ada manusia lain yang bisa memecahkannya, kita pun bisa melakukannya. Ibu hanya perlu melihat sekeliling, siapa yang telah berhasil menjual 170 juta juta per bulan? Belajarlah darinya…

4. Mengisi layar mental dengan visualisasi
Setelah mental ibu siap, selanjutnya, bayangkan, betapa indahnya akhir tahun Ibu ketika target telah tercapai. Apa yg dikatakan oleh atasan, keluarga, dan rekan kerja anda dengan pencapaian ini. Ibu ulang-ulang proses visualisasi ini, terutama ketika bangun tidur dan menjelang tidur. Ketika Ibu masih merasa terkantuk-kantuk adalah saat yang paling baik memprogram pikiran bawah sadar Ibu.

5. Melatih keahlian dengan tindakan
Saatnya bertindak. Lakukan 4-5 langkah sukses: memperbanyak daftar nama, memperbanyak telemarketing, memperbanyak kunjungan dan presentasi, atau pun follow up yang lebih baik. Asahlah keahlian anda dan dalam menjual.

6. Evaluasi dan monitoring
Saatnya, evaluasilah pencapaian harian anda. Jika satu bulan dibagi menjadi 25 hari kerja, maka 170 juta/bulan maka sehari anda perlu menjual sekitar 7 juta rupiah. Seminggu sekitar 44jt rupiah, dan seterusnya… Evaluasilah…
Sengaja saya menantang anda mencapai dua kali lipat di langkah pertama, agar seandainya ibu mencapai separuhnya saja, maka ibu telah mencapai target perusahaan. Itu artinya, pikiran, perasaan dan tindakan Ibu dilatih untuk melampaui target perusahaan. Nah Ibu bisa terapkan strategi ini untuk empat bulan yang tersisa, untuk meraih target Ibu.

Demikian ibu, semoga tercapai apa yang Ibu dan perusahaan targetkan….