BRANDING UKM

BRANDING UKM

by 12 February 2015

Sementara kalangan beranggapan bahwa branding adalah sebatas membuat logo, ciri khas warna, benda khas (topi, baju dll), dan/atau tulisan identitas. Pendapat tersebut tidak mutlak salah, namun lebih tepatnya, branding adalah suatu simbol produk, jasa, dan perusahaan , bahkan diri seseorang.

Pertanyaannya, seberapa penting kiranya bagi UKM untuk membangun brand produk, jasa, dan bisnisnya? Secara konsepsi, juga kenyataan di lapangan, kiranya membangun brand sangat penting dan mendasar. Aktivitas branding merupakan salah satu proses penciptaan nilai, upaya untuk mempertahankan kelangsungan dan pertumbuhan usaha secara berkualitas. Pertanyaan selanjutnya, konsep branding bagaimanakah yang dapat dilakukan oleh UKM? Sedari awal harus dipahami bahwa proses branding bersifat beragam tahapan (multi-faset).

Proses branding sangat memerlukan kajian. Bagi UKM yang belum memiliki anggaran lebih, langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengenalkan keunikan nilai yang ditawarkan (unique-value proposition) dari barang atau jasa yang dimiliki.  Sederhananya, dalam setiap produk (barang atau jasa) melekat pula suatu proses pelayanan. Dari aktivitas proses pelayanan inilah, pelaku UKM dapat mengoptimalkan aktivitas dan atribut pelayanan sehingga memampukan proses penciptaan nilai brand. Berikut beberapa tahapan dasar yang dapat dilakukan untuk merumuskan secara sistematis dan kreatif:

  1. Kenali betul siapa pelanggan anda. Amati selera, gaya, dan perubahannya.
  2. Amati siapa pesaing dekat anda dan apa yang mereka berikan. Pesaing merupakan cermin yang bagus untuk berkaca dan menjadi sumber inspirasi.
  3. Latih setiap petugas garda depan (frontliner) dengan kemampuan komunikasi yang baik untuk mengenalkan keunggulan produk.
  4. Pergunakan atribut-atribut dengan ciri khas, yaitu sebagai alat untuk menarik perhatian dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan anda.
  5. Dalam suatu kesempatan, mintalah pendapat pelanggan anda yaitu tentang produk dan bisnis anda, apa yang kurang dan apa yang perlu upaya peningkatan.

Demikian ulasan ini, semoga menginspirasi pelaku UKM menciptakan ide dan aktivitas kreatif.

Agung Wijanarko

Dosen @STIEBBANK

Related Entrepreneurship Articles

Similar Posts From Entrepreneurship Category