Rahasia Penghasilan Aktif

Rahasia Penghasilan Aktif

9 February 2015 0 comments

Sudahkah Anda mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar? Segera lakukan supaya lekas tergambar peluang diversifikasi sumber penghasilan. Orang akan merasa lebih aman hidupnya jika memiliki beragam sumber penghasilan dari pada hanya memiliki satu jenis sumber penghasilan, bukan?

 Penghasilan bisa berasal dari 4 (empat) sumber penghasilan (http://1000ventures.com). Pertama, penghasilan yang diperoleh (earned income) berupa kompensasi dari partisipasi dalam bisnis, termasuk upah, gaji, tips, komisi, dan bonus. Kedua, penghasilan residual (residual income) berupa pendapatan sewa yang diterima secara teratur, dengan sedikit usaha yang diperlukan untuk mempertahankannya. Ketiga, leveraged income, yaitu penghasilan yang diperoleh dengan memanfaatkan upaya orang lain. Keempat, passive income, yaitu penghasilan dari kerja keras di awal kemudian tinggal menikmati hasilnya. Terakhir, penghasilan aktif (active income) yaitu penghasilan yang kita peroleh dari usaha atau bisnis yang masih aktif berjalan walaupun tidak kita urusi karena keberhasilan dari sistematisasi bisnis yang kita lakukan.

 Sebagian besar orang hanya memiliki penghasilan dari umber penghasilan pertama. Sumber penghasilan ini tidak akan memantik ide bisnis apa pun. Orang akan berpikir untuk bekerja dengan profesional dan menerima kompensasi dari orang atau perusahaan. Sumber penghasilan kedua akan mendorong kita untuk memikirkan bisnis dengan sedikit usaha tetapi menghasilkan keuntungan. Sedangkan sumber penghasilan ketiga telah memotivasi banyak orang untuk mulai berbisnis dan melakukan ekspansi bisnisnya. Contohnya adalah menjual e-produk melalui afiliasi; waralaba bisnis Anda ke pengusaha lain. Sedangkan keinginan untuk memperoleh penghasilan pasif (pasive income) telah membuat tumbuh dan berkembangnya bisnis finansial dan properti.

 Saat ini berkembang konsep penghasilan aktif (active income), yakni penghasilan dari sistematisasi usaha atau bisnis yang masih aktif berjalan walaupun tidak kita urusi. Syaratnya, penghasilan aktif hanya akan kita peroleh jika kita dapat memperkaya orang lain. “Satu-satunya cara Anda dapat tumbuh kaya adalah dengan memperkaya orang lain.” (Matthias Schmelz).

Sukasmanto, SE, MSi

Dosen @STIEBBANK

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

<