Apa Nilai-nilai yang tertanam dalam diri anda?

Apa Nilai-nilai yang tertanam dalam diri anda?

by 4 March 2014

Awal tahun 80an saya masih berusia kurang dari 10 Tahun. Di usia seperti ini, pikiran saya masih seperti spon, yang menyerap apa saja yang disuguhkan, tanpa banyak bisa belajar dan menganalisa, apa manfaat sebuah kejadian bagi saya.

Pekerjaan saya di waktu kecil, tentu bermain seperti anak-anak pada umumnya. Wakktu Bermain, akan bisa saya nikmati, ketika saya telah menyelesaikan kewajiban saya, seperti memastikan kewajiban terhadap sapi, yang oleh orang tua disebut “Sapinya Putu”, untuk menunjukkan saya lah yang bertanggung jawab atas sapi-sapi itu.

Sapi-sapi ini, perlu dipastikan, mendapatkan rumput-rumput yang hijau untuk dimakan, diantarkan ke tepi kolam atau sungai kecil untuk mendapatkan minum, dimandikan dan dibersihkan. Kewajiban ini adalah kewajiban harian saya. Jika tidak menyelesaikan tugas ini, maka cambuk dari ayah saya, akan mendarat di tubuh mungil saya yang hitam legam.

Ayah memang sangat keras, kalo tidak bisa dibilang kejam terhadap anak-anaknya. Di kampung kami, hal ini biasa, sehingga ayah, bukan satu-satunya orang Tua yang kejam terhadap anaknya. Kebiasaan ayah ini berubah, setelah saya SMA, karena setidaknya saya sudah bisa diajak berdialog, belajar tanpa dikerasin. Selain itu, Ayah juga mulai malu pada tetangga, karena di Sumatra, beda dengan di Sumbawa, lingkungan berubah, Ayah menjadi Terlalu keras dan kejam kepada anak-anaknya dibanding lingkungan yang baru.

Kerasnya disiplin ayah ini, membangun Disiplin dan tanggung jawab dalam diri saya. Karena disiplin ini, membuat saya lebih menghargai waktu. Disiplin ini, melatih saya, mengerjakan kewajiban dan janji yang sudah saya anggap tanggung jawab, dengan baik dan tepat waktu.

Sebagai entrpreneur, rasa tanggung jawab dan disiplin, menyelesaikan tagihan-tagihan suplier, mengawal diri saya, menyelesaikan tagihan tepat waktu dan menghindarkan diri dari perasaan tergoda, memanfaatkkan uang suplier atau orang lain untuk kenikmatan dan kesenangan pribadi.

Seringkali, Disiplin dan Tanggungjawab ini saja, sudah menjadii nilai-nilai dalam diri, yang bisa mengantarkan anda kesuksesan. Sudahkah anda menanamkannya pada diri anda dan keluarga anda?

Mungkin catatan dibawah ini bisa membantu anda…

Kebiasaan dan nilai-nilai positif apa, yang telah ditanamkan sejak masa kecil anda, dan saat ini bermanfaat untuk mendukung kesuksesan anda?

  • ……..
  • ……..
  • ……..
  • ……..
  • ……..
  • ……..
  • ……..