Mulai Bisnis #ModalKecil

Mulai Bisnis #ModalKecil

by 11 February 2014

Banyak sekali saya mendapati pertanyaan atau keluhan, baik via twitter maupun secara langsung disampaikan mengenai modal bila ingin memulai suatu usaha atau bisnis. Pertanyaan tersebut dari berbagai kalangan, baik teman-teman yang sudah mulai berbisnis maupun adek-adek mahasiswa yang memiliki niatan untuk berbisnis sedini mungkin.

Lama-lama saya berpikir, ternyata masalah modal ini memang menjadi potensi masalah bagi siapapun ya. Terlebih bila modal yang dimaksud diartikan sama dengan uang. Ayolah, seharusnya kita mulai berpikir lebih jauh lagi bahwa modal berupa uang bukanlah dewa dalam bisnis kita, meskipun tidak dipungkiri bahwa itu penting. Akan tetapu, kita bisa mensiasatinya dengan jangan dulu menempatkan modal adalah uang diurutan pertama permodalan yang harus kitaa siapkan ketika memulai bisnis.

Modal besar, yang diartika sebagai uang yang besar banyak yang menganggap sebagi satu-satunya faktor yang bisa membuat seseorang sukses. Itulah sebabnya, ketika mereka belum MEMILIKI MODAL BESAR, mereka tidak berindak apa-apa, bahkan TIDAK MAU BELAJAR bisnis. Memang patut disayangkan ketika MINDSET yang ada adalah “Bisnis harus dimulai dengan modal UANG” hal ini telah menghalangi mereka untuk berbisnis.

Mindset seperti itu yang harus mulai anda ubah, mulai sekarang sadarilah bahwa “UANG bukan satu-satunya modal” dalam berbisnis. Janganlah berpikir hal-hal di luar diri anda ketika hendak memulai bisnis. Sebaliknya, perhatikanlah dulu diri anda dan hal-hal apa yang anda miliki, kelebihan-kelebihan anda, keahlian anda, kesukaan anda, tentu itu jauh lebih bernilai dibandingkan sekedar uang kan karena uang masih bisa dicari dan diusahakan. Kaehlian, bakat, hobby, dan prestasi anda itulah yang justru adalah MODAL BESAR anda.

Tentu saja saya tidak ingin hanya sekedar berteori. Ketika saya hendak memulai bisnis, saya kenali betul-betul diri saya, keahlian apakah yang saya punya? Sesuatu apakah yang ketika saya kerjakan maka saya akan bisa menghasilkan hasil yang baik dibandingkan dengan orang lain yang mati-matian melakukannya? Dan saya pun menemukan: Keahlian menjual dan negosiasi yang saya miliki telah mengantarkan saya mendapatkan modal yang sebelumnya tidak saya miliki.
Ketika saya sudah menyadari apa keahlian dan kelebihan dalam diri saya saya tidak kemudian berhenti dan enak-enak kan. Lebih dari 25 tahun saya melatih kemampuan saya menjual dan bernegosiasi, tidak lelah dan tidak pernah berhenti belajar. Maka sampai saat ini saya tidak menghadapi kendala permodalan.

Yang saya maksudkan dengan mengenali kelebihan dan bakat anda tadi misalnya begini, anda senang memasak dan anda bisa memasak. Tanpa harus melihat buku resep dan menghafalkan takaran-takaran bumbu anda bisa menghasilkan masakan yang sangat enak. Ketika anda menonton acara masak-memasak di televisi, anda bisa menirunya dengan mudah dan dengan hasil yang enak pula. Maka hal itu disebut bakat untuk anda. Anda tidak memerlukan usaha yang sangat kerasa untuk bisa menghasilkan masakan yang enak. Berbeda dengan teman anda misalnya, yang berusaha kerasa namun hasilnya masih jauh dari apa yang anda hasilkan.

Nah, anda bisa mulaik kok dengan hobby memasak yang ternyata ada bakat di dalamnya, terus anda kembangkan sehingga masakan anda layak jual sekelas makanan restoran. Tunjukkanlah bahwa anda pandai memasak dalam berbagai kesempatan. Ceritakanlah cita-cita anda bahw anda ingin mempunyau sebuah rumah makan. Bila anda terkendala modal uang, mulailah cari orang-orang yang berpotensi anda jadikan partner. Berilah secara GRATIS masakan-masakan anda kepada calon-calon partner anda yang memiliki modal uang itu. Semakin banyak orang BERUANG yang anda bantu dan anda buat terkesan dengan hasil masakan anda maka semakin besa kemungkinan anda mendapatkan modal bisnis.

Itu adalah salah satu contoh. Atau, kalau anda mau berlatih menjadi PENJUAL, yaitu profesi yang paling saya cintai, maka anda lebih tidak perlu memikirkan modal uang. Anda akan memiliki banyak peluang untuk memulai BISNIS MODAL KECIL anda. Misalnya, menjadi agent property, agent asuransi, MLM, biro informasi kos-kos an, agent perjalanan atau travel, event organizer, menjadi konsultan, dan lain sebaginya. Intinya adalah untuk memulai suatu bisnis pada walnya jangan terlalu pilih-pilih PELUANG. Yang sebaiknya anda lakukan adalah COBALAH berbagai peluang. Nantinya, anda akan menemukan peluang mana yang paling COCOK untuk anda.

Jika anda merasa berat untuk berjalan sendiri atau tidak punya produk untuk dijual, anda bisa bekerja sama menjadi distributor buku-buku saya, seminar-seminar saya , menjual Blackberry seharga Rp. 850.000, menjual tas batik dan semuanya itu dengan system DROPSHIP. Tugas anda hanya menjualkan saja, barang langsung dikirim oleh tim saya… asyik kan? Modal anda hanya main internet. Dengan memasang foto-foto barang yang anda jual, melakukan transaksi secara on line, sebuah bisnis sudah anda jalankan.

Menjual akan membawa banyak keuntungan untuk anda. Terlebih bila dalam berjualan tersebut anda tidak mengeluarkan modal uang sama sekali justru menghasilkan uang saat barang-barang laku terjual. Manfaat lain juga saya tawarkan kepada orang-orang yang mau menjalin kerja sama dengan ikut berjualan Kavling Tanah, http://vsb.li/8dFoKX . Anda hanya perlu menjual 15 Kavling Tanah untuk bisa mengikuti KOS HEBAT secara GRATIS. Di situ anda bisa berlatih menjadi pengusaha selama 2 bulan dan mendapatkan pendampingan serta konsultasi bisnis selama 1 tahun ke depan.

Nah… banyak sekali cara yang menarik untuk memulai Bisnis Modal Kecil bukan? Intinya adalah KREATIF dan ACTION