Bisnis itu gak Rumit

Bisnis itu gak Rumit

by 11 February 2014

Sampai saat ini kebanyakan orang masih berpikir bahwa sulit untuk menjadi bagian dari dunia bisnis. Apalagi dengan istilah “terjun ke dunia bisnis” orang sudah menganggap WAH! Sekali. Padahal lebih gampang untuk masuk ke dunia bisnis lho daripada berusaha masuk menjadi salah satu karwayan di perusahaan tertentu dengan ratusan saingan pelamar.

Yang dibutuhkan adalah kesederhanaan kita berpikir bahwa bisnis itu tidak rumit. Bisnis bisa dimulai dengan berbasis apa yang menjadi kebutuhan manusia dan kita hadir sebagai solusi dari kebutuhan tersebut. Jadi selalu ada buyer, selalu ada konsumen, baik itu di bidang barang maupun jasa.

Nggak sesulit itu kan untuk masuk ke dunia bisnis? PeEr selanjutnya adalah bertahan di dalamnya. Untuk bertahan dari seleksi alam dan tidak musnah dalam rantai makanan dunia bisnis, setidaknya memiliki tiga hal:

  1. Bisnis harus memiliki Misi. Saya memulai bisnis komputer karena saya memiliki misi, salah satunya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ibarat memiliki kompas, dengan adanya misi, bisnis akan selalu berjalan menuju arah yang benar.
  2. Memiliki Team yang tangguh. Dengan berada dan memiliki Team, otomatis Anda akan memiliki beraneka macam juga Knowledge, Skill, dan Attitude yang saling melengkapi.
  3. Leadership atau Kepemimpinan. Ibaratnya sebuah kapal, sekokoh apapun lambung kapalnya, se cakap apapun awak kapal nya, se akurat apapun kompas yang dimiliki, tidak akan sampai tujuan tanpa nahkoda.

Seperti saya sampaikan dalam buku saya Kaya dan Bahagia Modal Ngobrol, bahwa ada 4 Jalur untuk Kaya dan Bahagia. Dan seperti yang disarankan oleh Robert T Kiyosaki, saya juga menyarankan Anda untuk mulai membangun bisnis Anda sendiri. Terlebih setelah saya buka sedikit tabir yang mungkin selama menjadi momok bagi Anda bahwa bisnis itu rumit. Apabila saat ini posisi Anda masih bekerja di suatu perusahaan, tidak masalah.

Anda bisa memulai bisnis dengan tetap bekerja di situ. Berlatihlah dengan mengikuti berbagai training dan seminar, perkayalah diri Anda dengan bacaan buku-buku bisnis. Tidak perlu terburu-buru meninggalkan pekerjaan Anda karena yang terpenting adalah ubah MINDSET anda dulu.