Bisnis: Untung yang Dicari, Buntung diantisipasi….

Bisnis: Untung yang Dicari, Buntung diantisipasi….

23 February 2014

Orang dagang pastinya mencari untung. Pedagang kecil hingga pebisnis tidak pernah berhenti mencari celah untuk membuat barang dagangan atau produknya laris manis di pasaran. Tentu produk, baik itu barang atau jasa, harus sungguhan ‘manis’ agar pelanggan gemar mengerumuni laksana semut mencari gula.

Lalu, apa yang harus tidak berhenti dilakukan agar keuntungan dari bisnis tersebut terus terjaga dan meningkat dari waktu ke waktu?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan ditempuh untuk digunakan sebagai cara meningkatkan keuntungan bisnis.

Yuk kita simak satu per satu,

  1. Tidak berhenti mengumpulkan calon pelanggan

Calon pelanggan adalah faktor penting yang harus dimaintenance dengan baik karena mereka adalah calon-calon pencetak omzet saja. Dalam hal ini, mereka adalah manusia, maka perlakuan dan pendekatan yang baik (personal touch) dapat membuat calon pelanggan nyantol menjadi pelanggan Anda.

  1. Menjaga pelanggan untuk meningkatkan repeat order

Ketika ada pelanggan datang dan melakukan transaksi, jangan buru-buru melepasnya begitu saja. Berikan pelayanan dan kesan yang baik agar nyaman berbelanja di tempat Anda. Minta kritik dan saran dan membangun dapat membuat pelanggan merasa diberi kesempatan untuk menyampaikan keluhannya.

  1. Banyak memberi  kemudahan dan fasilitas

Dalam hal ini tentu Anda terlebih dahulu harus sudah menghitung ongkos produksi nya bahwa apa yang Anda keluarkan tidak membuat merugi. Meskipun, banyak juga kemudahan dan fasilitas yang tidak membutuhkan biaya. Misal, layanan pesan-antar, konsumen tidak akan keberatan menambah ongkos 5-10ribu untuk mendapatkan pelayanan tersebut, apalagi barang diantar dengan cepat, tepat, dan kualitas tetap terjaga.

  1. Tidak pelit diskon

Meskipun sekilas Anda harus mengeluarkan biaya ekstra karena mengadakan program diskon, yang tidak Anda sadari, konsumen seringkali justru terangsang untuk berbelanja lebih banyak dari biasanya karena adanya potongan tersebut. Nah, pandai-pandai saja Anda mencari cara untuk membuat konsumen ‘terangsang’ hehe :p.

Nah, mungkin segitu dulu yaa… Masih banyak caraa untuk dikupas di artikel-artikel selanjutnya..

Salam Hebat!