Menyeimbangkan 4 Pilar Bisnis

Menyeimbangkan 4 Pilar Bisnis

by 26 May 2014

Apa bedanya perusahaan yang bisa hidup hingga Puluhan tahun, bahkan ratusan tahun, dengan yang mati sebelum tahun ke lima?

Itulah pertanyaan yang selalu saya cari jawabannya, selama 16 Tahun membangun sekaligus mempertahankan bisnis selama ini.

Sepanjang pengamatan dan Riset yang saya lakukan, Ternyata ada 4 Pilar Bisnis yang harus terus dijaga dan diseimbangkan oleh sang Entrepreneur atau pengusaha, baik dilakukan sendiri ataupun Bekerjasama dengan Tim Profesionalnya.

Jika salah satu pilar lemah, maka perusahaan jadi tidak balance, alias berjalan dengan terpincang-pincang, terseok-seok bahkan Tersungkur.

Pilar pertama adalah pilar marketing, Dimana kepentingannya adalah menjaga adanya Cash In, atau uang masuk ke perusahaan. Ini Penting, karena kebangkrutan atau kepailitan, disebabkan oleh ketidakmampuan perusahaan menjalankan kewajiban finansialnya kepada pihak ketiga terutama Suplier sebagai syarat bagian produksi bisa berjalan lancar. Didalam pilar marketing inilah, kita perlu membangun Brand image konsumen terhadap perusahaan dan produknya, serta siapa manajemen dibalik perusahaan tersebut.

Pilar Kedua Adalah Finansial, tanpa uang perusahaan akan berhenti berdetak. Jantungnya perusahaan adalah Aliran uang yang didalamnya lazim disebut sebagai Cash Flow. Menjaga Cash Flow agar terus mampu mengaliri setiap sendi perusahaan, memastikan perusahaan bisa menjalankan Rencana-Rencananya.

Keahlian seorang Entrepreneur mengelola Cash Flow, akan menentukan seberapa besar perusahaan tersebut. Tentu akan berbeda sekali, antara perusahaan dengan omset 1,2M per Tahun, dengan perusahaan dgn Omset 1.2M per bulan. Kompleksitas perusahaan jadi berbeda, kerumitan, tantangan dan ancamannya juga berbeda.

Untuk Menjaga Cash Flow perhatian harus pada Biaya-biaya operasional, pajak-pajak yang harus dibayar, skema Gaji, bonus, tunjangan, Komisi dan remunerasi, biaya bunga atas pinjaman dan bagaimana agar imbal hasil dari investasi pemilik, masih menarik dalam perusahaan tersebut.

Agar perusahaan bisa terus menjaga beroperasi, maka perusahaan harus menciptakan Value, yang dibeli oleh Konsumen, pada proses marketing. Entah itu perusahaan jasa, dagang atau manufaktur, maka perusahaan perlu memastikan, bahwa konsumen menerima barang atau jasa, dengan kualitas yang kita Janjikan.

Proses Produksi, perlu dikawal dengan Standar Produksi yang baik, sehingga output dari produksi, tidak lari kemana-mana. Kadang bagus, kadang jelek, kadang hancur lebur. Proses produksi yang tidak menghasilkan produk yang standar, menyebabkan Konsumen tidak loyal dan lari dari perusahaan. jika hal ini terjadi, maka marketing akan menjual lebih sedikit, Cash ini lbh sedikit yang bisa mengancam perusahaan berakhir pada kepailitan.

Nah Pilar Terakhir adalah Tim dan Organisasi. Tim dan Organisasi yang Tangguh adalah alasan kenapa Apple dan Sambung merajai IT dunia. Itu juga yang menyebabkan Ford, General Motor dan General Electric berjaya hingga hari ini.
Kenyamanan dalam bekerja, Tim yang bersinergi, Remunerasi yang baik adalah sebagian kecil saja, dari sekian banyak Faktor yang terdapat dalam Budaya Perusahaan yang menjadi Fondasi bagi perusahaan.

Itulah 4 Pilar bisnis yang perlu dijaga oleh setiap Entrepreneur. Mari mulai, membangun dan menjaga Pilar bisnis. Apakah anda sudah memulainya?

Salam Hebat
@putuputrayasa
Property Developer, Coach and Trainer
www.PutuPutrayasa.com