Tips Menjadi Manager Aktif

Tips Menjadi Manager Aktif

by 11 August 2020

Kesempatan kali ini saya akan berbincang mengenai sebuah kecakapan yang harus dimiliki Anda sebagai pengusaha.

Kecakapan ini adalah “menjadi seorang manajer yang aktif” , saat ini saya berharap teman-teman untuk bisa memahami menjadi manager aktif, Anda dapat memimpin tim dari usaha yang sedang anda bangun.

Menjadi manager aktif, berarti Anda siap untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar daripada tim yang Anda kelola. Tanggung jawab itu termasuk bertanggung jawab atas hal-hal yang dilakukan oleh tim yang dikelola, termasuk kekeliruan yang terjadi.

Tidak hanya memerintah, manajer aktif juga sebaiknya menunjukan cara yang harus dilakukan atau memberi contoh. Manager juga harus aktif menjaga lingkungan dan suasana kerja untuk menyatukan kepala setiap yang ada didalamnya. Manager menjadi penengah untuk memenuhi keinginan owner dan mensinergikan dengan aktifitas harian tim yang dikelola sehingga tercipta win-win solution dalam mencapai tujuan yang diinginkan, Selain itu juga, sebagai manager aktif kita harus memberikan penghargaan kepada tim kita sesuai yang dilakukan. Penghargaan tidak selalu berhubungan dengan materi, misalnya bisa dengan membuat pemberitaan internal mengenai karyawan tersebut.

Jika Anda pernah mendengar istilah employeer of the month , mungkin itu hal yang bisa kita lakukan juga, meskipun menjadi manager harus bisa mengayomi kita juga tetap harus mengetahui kapan berbicara sedikit “keras”. Kenapa berbicara keras disaat yang tepat itu penting? Ini penting saat ada penurunan performa yang berulang misalnya.

Nah dengan bisa menjadi manajer aktif kita dapat menjaga kinerja tim yang kita kelola, tetap semangat enterpreneur muda ! Semoga bermanfaat.

#AlaPutu