Cara Memilih Software Keuangan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Cara Memilih Software Keuangan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

by 19 July 2020

Bisnis anda makin maju? Mulai kawal kemajuannya dengan pengelolaan keuangan secara rapi. Pastikan menggunakan software yang tepat.

 Pertama, sesuaikan dengan kemampuan. Beli yang sudah tersedia di pasar atau pesen khusus pada vendor tertentu? Kemampuan ekonomi menjadi salah satu factor penentu apakah beli software yang sudah tersedia di pasaran atau pesen khusus. Software yang sudah tersedia di pasaran memiliki beragam pilihan, yang berbayar atau gratisan. Software yang berbayar biasanya merupakan software yang keluaran terbaru, sedang software yang gratisan biasanya versi lama. Sebagai contoh, software MYOB Premier versi terbaru dan berbayar, yaitu versi 13. Sedang versi yang lama misal versi 7,5 merupakan software gratisan. Dimaksudkan gratisan yaitu registrasi bisa di-download dari internet, dan software bisa digunakan untuk membukukan kegiatan keuangan bisnis kita.

 Kedua, sesuaikan dengan jenis bisnis anda, usaha perdagangan, usaha jasa atau usaha industri? Perbedaan jenis usaha akan menentukan software apa yang akan dibeli. Sebagai contoh, jika bisnis kita bergerak di bidang jasa, tentunya membutuhkan software pembukuan yang lebih sederhana dibandingkan pembukuan untuk usaha dagang. Karena usaha dagang membutuhkan informasi tentang jumlah barang yang tersedia untuk dijual, barang yang telah terjual maupun limit berapa barang tersebut harus dilakukan pembelian. Selain itu juga informasi piutang kepada siapa dengan jumlah berapa jika usaha dagang menggunakan metode berbayar kredit selain cash.

 Ketiga, file keuangan diakses 1 orang (single user) atau lebih dari 1 orang (multi user). Beragam software yang dijual memberikan berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita, baik dari sisi penyediaan informasi maupun sisi proses bisnis kita. Jika proses bisnisnya hanya dikelola oleh satu orang, ini biasanya usaha perseorangan, maka cukup membeli software yang single user. Akan tetapi jika proses bisnisnya mengharuskan adanya keterkaitan 2 orang atau lebih dalam proses input data keuangan, maka diperlukan software yang multi user karena akan menghasilkan informasi yang lebih cepat dan pekerjaan keuangan akan lebih cepat selesai.

 Keempat, hardware yang dibutuhkan. Semakin banyak kegiatan bisnisnya, maka akan membutuhkan hardware yang mampu menampung database dalam jumlah besar. Sebagaimana halnya computer server yang mampu menampung jumlah besar, database keuangan juga merupakan data yang tak kalah pentingnya. Pilihan menggunakan laptop, personal computer ataupun server khusus sangat berhubungan dengan software yang akan dioperasionalkan.

 Selamat memilih software yang tepat. Semoga bisnis Anda semakin maju.