Tips Menggoda Investor

Tips Menggoda Investor

by 4 July 2020

Bahasan kali ini tentang Bagaimana Cara “Menggoda Investor”. Agar ketika kita punya ide-ide bisnis yang layak, kita buat agar menjadi “seksi” dan menggoda bagi para investor”Mencari Modal” untuk mendanai gagasan2 Hebat adalah sebuah tantangan tersendiri, ketika akan mengeksekusinya, Ya modal penting sangat!
Meskipun modal sangat penting, kadang sulit utk mendapatkan, jangan pernah menyerah di depan, dimana ada ketekunan disana ada jalan..Sementara anda menemukan investor yg tepat utk gagasan anda, teruslah menyempurnakan ide-ide anda… agar semakin seksi bagi investor..sy ceritakan, bgmn 19 Tahun lalu, saya mengumpulkan modal, untuk bisnis pertama saya ya? ini tentang Bisnis Laundry, yang ketika itu blm terkenal. ketika sy brkt kuliah, dari Baturaja, bkrt ke Jogja, yg ada di kepala sy adalah bagaimana caranya bisa Kuliah sambil menghasilkan uang. Menghasilkan uang bagi saya adalah hal Wajib, krn Ortu sdh mewanti-wanti, cuma kasi biaya kuliah s.d semester 4 ketika itu.
Peluang bisnis ketika itu, tidak sebanyak skarang. sebagai lulusan SMA di Kampung, berbisnis di Jogja, Kota besar yg banyak org pinter, tdk mudah. Lalu apakah sy menyerah? bahkan jika saya punya ide bisnis, modal darimana? siapa yg akan percaya ketika itu? Investor? bank? tdk akan..apakah kenyataan itu, membuat nyali saya langsung ciut? oh tentu tidak! sekali lagi “Selalu ada jalan, utk orang yang terus mencarinya” Jadi bagi anda yg sudah punya ide bagus, teruslah mencari relasi, menemukan investor… dengan terus memperbaiki gagasan2 anda setiap saat.

Jadi Untuk “Menggoda Investor” ini ada beberapa Tips:
Yang Pertama:
teruslah memperbaiki gagasan-gagasan anda agar semakin “Seksi” Dimata Investor, Ada 2 hal utama, di kepala Investor yaitu: Return dan Risk. Bisnis yg seksi adalah yang, “Return nya tinggi dan Risknya Terkendali”. Jadi sempurnakan gagasan anda, kepada orang-orang terdekat, anggap mereka calon investor. Berharaplah kritik, agar anda bisa menyempurnakan ide, jadi jangan alergi terhadap Kritik! perlakukan para kritikus sebagai tim anda, yg menyempurnakan ide-ide anda.
Saya banyak menyaksikan, orang-orang yg gagal, karena mereka takut di kritik, mereka alergi dan marah ketika dikritik, orang sukses sebaliknya, menjadikan kritik sbgi sahabat utk bertumbuh. Utk menyempurnakan ide2 mereka, sebelum ketemu konsumen/investor sebenarnya. Jadi, sekali lagi, Gunakan Kritik, untuk Menyempurnakan Ide-ide anda. agar gagasan anda semakin seksi dan semakin “menggoda investor”

Yang kedua:
Buatlah Proposal yg menarik. Proposal dengan Kembali Modal Investor yg lebih cepat, hasil yang besar dan Resiko yg terkendali. Desainlah Proposal yg Jujur, desain dan tampilan yg menawan, didukung foto-foto, fakta-fakta dan statistik yg mendukung presentasi anda.

Yang Ketiga
Bersiaplah untuk mempresentasikan gagasan anda…. Kemampuan anda presentasi sangat mendukung kesuksesan anda. Saat yang ada di kepala anda, jangan hanya bagaimana caranya mendapat dana dari investor, tapi berpikirlah win win… Anda harus berpikir menguntungkan Investor, Profit yg besar, kembali modal yg cepat, tapi resiko tetap kecil dan terkendali. Dalam presentasi, anda juga tetap harus balance dan realistis, jangan terlalu bersemangat juga, itu bikin investor khawatir. Anda perlu Tenang dan punya postur dlm presentasi, tdk terkesan mengemis kpd investor, jg tdk boleh berjanji berlebihan. Investor perlu tahu, apakah peluang bisnisnya bagus? apakah gagasannya masuk akal? apakah tim nya bagus dan mampu, bisa dipercaya??
Investor lbh sering mengamati Perilaku non Verbal daripada Verbal. Mereka kadang-kadanf tidak mendengar kata-kata anda, tapi mengamati perilaku anda. Jadi hati-hatilah dalam presentasi anda sobat. Bersikaplah Jujur dan apa adanya, jgn berlebihan, jangan menutup-nutupi.

Yang ke Empat
Lakukan follow up setelah presentasi anda. Terutama, jika calon investor menunjukkan sinyal ketertarikannya. TerKadang butuh berbulan-bulan bahkan tahunan, utk mendapatkan satu investor yg cukup besar. maka, bersabarlah. Yang tak kalah pentingnya sebagai FONDASI dari semua langkah adalah BANGUNLAH REPUTASI : Jujur, berprestasi dan bertanggung jawab, Karena investor akan memberikan duitnya utk orang-orang yang mereka bisa perkirakan baik dan bertanggung jawab bisa mengembalikan modal mereka. Tentu lama balik modal, juga tergantung besarnya bisnis, makin besar makin lama balik modal tentunya.
Ketika anda jadi org yg berprestasi, balik modalnya cepet, resikonya rendah, akan bnyk org yg menawarkan modal kepada anda, tolak halus maksudnya, sy menolak dana pihak ketiga atau investor, krn sdh terlalu bnyk yg nawarin saya.. Kenapa kok bisa begitu? karena mereka beranggapan kalo nyerahin duit ke sy utk binis/investasi akan aman2 saja… sesuai track record saya.

Yang kelima
Sembari anda membuat rencana yg lebih seksi, anda jg perlu membangun tim anda semakin seksi. oke sobat #AlaPutu yang hebat semuanya, segitu dulu Tips – Tips #AlaPutu tentang “menggoda Investor” kali ini ya… smoga bermanfaat… #SalamHebat