Fleksibilitas, Jalan Menyenangkan Menuju Goal Anda

Fleksibilitas, Jalan Menyenangkan Menuju Goal Anda

by 12 March 2020

Sobat, tahukah Anda bahwa setiap orang memiliki potensi untuk sukses? Tahukah Anda bahwa ada sebuah sikap yang dapat membawa Anda kepada cara hidup yang lebih menyenangkan?

Fleksibilitas. Sebuah kualitas hidup yang dimiliki para pemimpin-pemimpin alami dunia. Di dalam Neuro-Linguistic Programming fleksibilitas menjadi pilar utama. Dalam kursus-kursus Neuro-Linguistic Programming di dunia pun sangat ditekankan mengenai behavioral flexibility ini.

Apa untungya memiliki fleksibilitas? Memiliki fleksibilitas berarti hidup dengan lebih berbahagia, tidak hanya mengandalkan cara-cara kaku yang mungkin sudah ditelan zaman. Fleksibilitas juga berarti menggunakan cara lain ketika satu cara tidak berhasil.

Mengutip Albert Einstein yang berkata, “Kegilaan adalah mengharapkan hasil yang berbeda dari sesuatu yang dikerjakan dengan cara yang sama”. Memang betul seperti itu ketika kita mengerjakan sesuatu dengan cara yang sama namun mengharapkan hasil yang berbeda, sejatinya kita belum memiliki sikap fleksibel dalam hidup kita.

Di dalam Neuro-Linguistic Programming, fleksibilitas menjadi suatu sikap, misal ketika kita melakukan therapy atau coaching pada seseorang, namun orang tersebut belum berdaya. Kita boleh sadari bahwa mungkin pendekatan kita yang belum tepat terhadap cara berpikir orang tersebut. Padahal kita tahu bahwa setiap orang memiliki cara yang unik untuk mencapai tujuannya. Dengan fleksibilitas kita bisa membantu mereka dengan menyelami keunikan tersebut.

Begitu pula dalam leadership. Ketika kita menghadapi berbagai macam anak buah dengan latar belakang yang berbeda-beda, tentu kita tidak bisa menggunakan cara yang sama persis. Misalkan ada orang yang lebih suka diperlakukan dengan cara tidak langsung, namun orang yang lain lebih senang mendapat perintah dengan lebih tegas.

Dalam Neuro-Semantics dan Neuro-Linguistic Programming dikatakan, “Barangsiapa memiliki fleksibilitas dialah yang akan memiliki kontrol terhadap sistem”, dan dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa seseorang yang fleksibel lebih mudah menduduki posisi tinggi di tempat ia berada karena dengan fleksibel ia memiliki akses untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Sudahkah Anda fleksibel di dalam cara Anda bekerja?

Salam!