Ini Profesi yang Bisa Anda Tekuni di Industri Pariwisata

Ini Profesi yang Bisa Anda Tekuni di Industri Pariwisata

by 20 October 2019

Sektor pariwisata Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Kementerian Pariwisata menargetkan pendapatan negara dari sektor pariwisata mencapai 20 miliar dolar Amerika Serikat pada 2020. Seiring dengan perkembangan tersebut prospek industri pariwisata dan perhotelan juga semakin positif. Badan Pusat Statistik (BPS) misalnya mencatat tren peningkatan pada Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang sebesar sebesar 1,02% pada bulan April 2019.

Perkembangan tersebut membuat kebutuhan tenaga kerja dalam bidang Pariwisata juga meningkat. Kementerian Pariwisata memperkirakan, dalam lima tahun mendatang dibutuhkan sebanyak 2,5 juta lebih tenaga kerja di bidang pariwisata dan perhotelan. Yang mana sekitar 70% yang dibutuhkan adalah tenaga kerja dengan keahlian.

Kalau Anda Berikut tertarik untuk meniti karier dalam bidang pariwisata dan perhotelan, berikut adalah beberapa pekerjaan yang dapat Anda pilih, sebagaimana dirangkum dari situs karier Prospects.

Manajer Akomodasi

Manajer akomodasi adalah profesi pertama yang bisa menjadi pilihan Anda, kalau Anda ingin berkarier dalam industri pariwisata. Sebagai manajer akomodasi, Anda akan bertanggung jawab untuk menjalankan usaha akomodasi secara efisien. Anda juga bertanggung jawab memenuhi kebutuhan penyewa, tamu, atau penghuni. Anda juga bertanggung jawab memastikan standar kebersihan dan pemeliharaan dijalankan dengan baik. Selain itu, Anda juga harus memastikan tim staf Anda terlatih dan dikelola dengan baik.

Manajer Katering

Profesi kedua yang bisa Anda pilih kalau Anda ingin berkarier di industri pariwisata adalah manajer katering. Sebagai manajer katering Anda bertugas merencanakan, mengatur dan mengembangkan layanan makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga harus memastikan terpenuhinya standar kualitas makanan dan minuman. Walau begitu, peran manajer katering bisa bervariasi tergantung ukuran dan sifat bisnis perusahaan tempat Anda bekerja. Di perusahaan kecil, Anda biasanya memiliki peran aktif dan akan terlibat dalam operasi sehari-hari. Namun, dalam perusahaan yang lebih besar, Anda mungkin mendapat bantuan dari manajer lain untuk menangani berbagai fungsi dan outlet katering.

Manajer Perjalanan

Profesi selanjutnya yang bisa Anda pilih kalau Anda ingin berkarier di industri pariwisata adalah manajer perjalanan. Tugas manajer perjalanan adalah memastikan sebuah perjalanan wisata lancar, sehingga para wisatawan mendapatkan kegembiraan yang mereka harapkan. Sebagai manajer perjalanan, Anda tidak jarang juga harus terjun langsung menemani para wisatawan layaknya pemandu wisata. Hal ini menuntut Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang tempat-temoat wisata. Dalam hal perjalanan ke luar negeri, manajer perjalanan dituntut memiliki pengetahuan bahasa dan budaya negara yang dituju.

Eksekutif Marketing

Marketing adalah hal yang sangat penting dalam setiap bisnis, tidak terkecuali dalam industri pariwisata. Eksekutif Marketing adalah karier keempat yang bisa Anda pilih kalau Anda ingin berkarier dalam industri pariwisata. Sebagai eksekutif marketing, Anda bertugas membuat kampanye pemasaran yang terpadu untuk mempromosikan produk-produk pariwisata.

Walau begitu, peran eksekutif marketing bisa bervariasi tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Beberapa perusahaan misalnya hanya fokus pada penjualan produk, tetapi beberapa perusahaan yang lain fokus pada peningkatan kesadaran