Hati – Hati, 3 Hal yang Bikin Laba Bisnis Tergerus

Hati – Hati, 3 Hal yang Bikin Laba Bisnis Tergerus

by 2 July 2019

Tergerusnya laba adalah yang menyebabkan banyak bisnis atau perusahaan harus menderita, bahkan bangkrut. 

Apakah itu bisnis rumahan atau korporasi alias perusahaan skala besar harus berhati-hati terhadap hal ini. 

1. Membengkaknya Biaya

Membengkaknya biaya tidak bisa dihindari, terutama di negara berkembang seperti kita di Indonesia. Kenaikan biaya menjadi hal yang wajar, karena inflasi yang tinggi di kisaran 7%, maka biaya-biaya juga secara umum naik di antara 5 hingga 10%. 

Kenaikan listrik, BBM, gaji karyawan, dan bahan baku adalah sumber utama kenaikan biaya. Kenaikan biaya, jika tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan, akhirnya akan menyebabkan perusahan rontok. Hal ini harus diwaspadai oleh manajemen perusahaan. 

2. Kalah Teknologi

Di era teknologi internet ini, faktor teknologi bisa menjadi salah satu faktor utama kegagalan bisnis. Kompetitor mengganti alat promosi mereka menjadi lebih efisien dan mendapatkan konsumen dengan biaya lebih murah sekaligus cepat. 

Iklan di televisi, koran, dan radio dipangkas agar lebih efisien, diganti website, blog, dan media sosial. Jadi waspadalah, jangan-jangan biaya iklan Anda sudah menjadi terlalu tinggi dibandingkan kompetitor yang terus melakukan riset untuk menghemat biaya iklan sekaligus meningkatkan pendapatan dan market share mereka. 

3. Keluarnya Orang-Orang Kunci

Di era media sosial dan internet seperti ini, banyak sekali peluang bertebaran yang bisa diambil oleh mereka yang memiliki kemampuan lebih. Orang-orang kunci perusahaan bisa saja memulai bisnis secara online, lalu kemudian akhirnya tidak fokus pada pekerjaan di kantor. 

Hal ini bisa menjadi beban berat bagi perusahaan, karena menggaji penuh orang yang bekerja setengah hati. Strategi perusahaan haruslah cukup cerdas menghadapi hal semacam ini. 

Nah, sebesar apapun bisnis atau perusahaan Anda saat ini, belajarlah dan siapkan strategi, menghadapi kondisi perusahaan yang tidak mudah ini. 

Salam Hebat
Putu Putrayasa