Saatnya UKM Mengenal Cloud Computing, Manfaatnya Sangat Besar!

Saatnya UKM Mengenal Cloud Computing, Manfaatnya Sangat Besar!

by 8 March 2019

Semakin banyaknya pemakaian cloud computing atau teknologi komputasi awan yang semakin mendunia tentu membuat para pelaku UKM di Indonesia memanfaatkannya. Berdasarkan data dari Worldwide Semiannual Public Cloud Services Spending Guide yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC), 204 miliar poundsterling diperkirakan akan digunakan untuk berbelanja layanan ini di tahun 2021.

Sedangkan di tahun 2018 yang lalu, pengeluaran untuk membeli layanan ini sebesar 98 miliar, bisa dibilang ini adalah rekor kenaikan pengeluaran sebesar 25% bila dibandingkan 2016. 

Melirik dari Indonesia sendiri, saat ini telah mulai ramai perusahaan besar sampai startupmenggunakan teknologi komputasi awan. Bahkan tak sedikit para ahli yang menilai jika Indonesia mempunyai kekuatan sebagai pusat ekonomi digital paling besar di ASEAN.

Perusahaan di tanah air yang fokus terhadap teknologi komputasi awan ialah Google. Hal itu terlihat dari acara Cloud Summit yang beberapa waktu digelar. Namun untuk mengetahui keunggulan Cloud Computation, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Menyimpan data yang sangat mendasar

Sekarang ini terdapat berbagai faktor penting dalam bisnis. Di samping berfungi untuk memperoleh informasi terkini, data termasuk bahan material yang terakurat untuk dicermati, terlebih lagi melihat consumer behavior yang harus diperhatikan dari tahun ke tahun. Dengan mnggunakan cloud computation, berbagai data pun dapat disimpan dengan aman.

2. Melindungi data yang ada

Di saat data sudah disimpan dalam cloud, otomatis data akan dijaga dengan teknologi yang rutin diperbarui supaya dapat menghindari kjahatan digital seperti bocor, hacking dan lainnya. Hal yang sama pun berlaku untuk perangkat mobile secara otomatis yang berhubungan dengan ral time.

3. Skalibilitas penyimpanan data

Dengan memakai cloud, kamu dapat mempunyai data yang berintegrasi yang mempercepat proses skalabilitas. Pakailah juga tools analytic yang dapat mendukung proses lebih cerdas. Tapi hati-hatilah untuk memilih tools yang benar dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Nah, sudah tahu kan keuntungan yang didapat dengan menggunakan cloud computing technology. Tidak ada salahnya untuk menyediakan anggaran untuk dapat menggunakannya. Sukses selalu ya guys!