Pentingnya Pemilik Bisnis sebagai Pelatih

Pentingnya Pemilik Bisnis sebagai Pelatih

by 25 February 2019

Pemilik Bisnis, mau tidak mau harus memiliki keahlian sebagai pelatih bagi timnya. Jika tidak, para pemilik bisnis akan kewalahan, bahkan menjadi budak bagi bisnisnya.

20 tahun lalu, ketika saya memulai bisnis untuk pertama kalinya, saya melakukan banyak hal sendirian. Karena bisnis saya adalah bisnis laundry, maka saya yang mencari pelanggan, menyebarkan promosi, mengambil cucian ke pelanggan, mencuci dan melakukan pembukuan. Hanya menyetrika yang saya serahkan urusannya kepada “Bu De” begitu saya dan partner saya memanggilnya, untuk karyawan satu-satunya yang kami punya.

Intinya…

Bisnis pertama berhasil mempekerjakan diri saya. Saya tentu tidak mau terjebak terlalu lama dengan pola tersebut, apalagi pada saat itu saya masih kuliah. Jika saya tidak berhasil memutus rantai pekerjaan tersebut dan mendelegasikannya kepada tim yang sudah saya latih, maka bisnis tersebut akan mempekerjakan saya selamanya.

Sekarang…

Hal yang saya paling suka dari bisnis saya adalah melihat tim saya bertumbuh. Saya memiliki ratusan orang yang bekerja di Hebat Group, ribuan orang mendapatkan nafkah dari belasan perusahaan dibawah payung Hebat Group Asia, tetapi saya hanya tinggal berfokus melatih para pemimpin setiap perusahaan dan divisi yang ada.

Saat ini, saya menyiapkan Infrastruktur pengembangan SDM yang membuat bisnis ini akan tumbuh, dengan atau tanpa saya. Pada akhirnya, bisnis harus berkembang, tanpa kehadiran pemilik atau pendirinya. Bisnis harus digerakkan oleh sistem, seperangkat aturan dan prosedur yang membuat bisnis menjadi produktif sekaligus kompetitif dalam persaingan bisnis yang ganas dan kejam.

Kalau dilihat…

Apa yang membuat proses dari dipekerjakan oleh bisnis sendiri, hingga saat ini, sistem bekerja untuk bisnis-bisnis saya?

Kuncinya adalah…

Kemauan, kesabaran, dan keahlian untuk melatih orang lain, melatih tim saya tanpa harus takut suatu ketika mereka akan menjadi kompetitor atau pesaing saya dalam bisnis.

Jadi..

Pemilik Bisnis…

Perlu sekaligus menjadi PELATIH atau Coach bagi timnya.

Salam Hebat
Putu Putrayasa
Business Mentor, Coach & CEO
Master Practitioner and Trainer of NLP license by co-founder of NLP, Dr. Richard Bandler and Society of NLP, USA