Ini Dia Tiga Langkah Jitu Untuk Kaya dari Properti, Nomor 3 Paling Dahsyat!

Ini Dia Tiga Langkah Jitu Untuk Kaya dari Properti, Nomor 3 Paling Dahsyat!

by 12 January 2019

Pembangunan properti masih menggeliat di seluruh pelosok negeri. Tak heran jika tanah semakin langka, jumlah lahan sawah terus tergerus hingga laut pun direklamasi menjadi daratan untuk membangun properti. 

Ironisnya, masyarakat yang tidak memiliki rumah terus bertambah dan para orang-orang pemilik uang terus bertambah propertinya sebagai investasi masa depan. Pembangunan properti di mana-mana tapi djual dengan harga yang tidak bersahabat untuk masyarakat menengah ke bawah. 

Untuk bisa memiliki properti, cara yang mudah adalah berbisnis properti. Tidak hanya punya properti malah bisa kaya dari properti. Ini tiga langkah jitu yang dapat dipraktikkan untuk bisa kaya dari properti menurut Tung Desem Waringin disaat acara Kopdar Komunitas Billionaire Mindset Jumat malam (26/1) lalu, yaitu:

1. Beli properti untuk dijual (Flip)

Untuk awal-awal bisa menggunakan cara ini, modal juga tidak terlalu besar. Yang dibutuhkan adalah kemampuan menjual dalam waktu yang cepat. Beli properti yang murah, kalau perlu rumah busuk (rusak atau tidak terawat). Lalu direnovasi hanya untuk merubah penampilan depannya agar terlihat rapi dan bagus sehingga harga jual meningkat. Kemudian jual. Cara ini bisa menjadi pendapatan aktif karena uang terus berputar. 

2. Ternak properti

Beli properti bukan untuk dijual atau dipakai melainkan disewakan atau dijadikan tempat usaha sehingga menghasilkan uang. Properti yang dibeli menjadi produktif. Contoh beli rumah lalu dikontrakan atau dijadikan rumah kos. Atau beli ruko untuk usaha atau disewakan kepada orang lain. Tidak hanya pendapatan pasif saja yang didapat tapi properti tersebut bertambah nilainya sehingga kalau dijual kembali akan meningkat harganya berlipat-lipat.

3. Dijemur

Ini untuk para investor, beli properti tapi didiaamkan saja sampai harganya naik. Beli properti berharap dari capital gain-nya saja. Ini yang dinamakan portfolio income. Contoh beli rumah seharga 2,5 miliar, lima atau sepuluh tahun kemudian nilainya menjadi 20 miliar, naik berkali-kali lipat. 

Yang akan membuat kaya adalah pendapatan pasif dan portfolio income. Kebanyakan orang punya dana lalu bangun rumah mewah atau beli rumah di komplek mewah untuk ditinggali. Itu namanya gaya hidup. Lebih baik tinggal di pinggiran kota tapi memiliki banyak properti yang mendatangkan pemasukan untuk kita.