Cara Agar Rumah Bisa Terasa Lebih Sejuk tanpa AC

Cara Agar Rumah Bisa Terasa Lebih Sejuk tanpa AC

by 17 November 2018

Rumah yang sejuk itu intinya adalah jika sirkulasi udara rumahnya baik dan udara segar mudah masuk, udara panas mudah keluar. Jika tidak ingin pakai AC, usahakan ventilasi alami bekerja secara optimal.
Cara sangat mudah, pastikan ada dua lubang udara di kedua sisi bangunan yang berlawanan supaya udara segar leluasa mengalir dari lubang arah yang satu ke arah lubang yang lain. contoh seperti gambar ini:

sirkulasi-1

Kalau tidak ada atau hanya sedikit lubang/bukaan di rumah, saran kami lebih baik perbanyak lubang ventilasi setidaknya di dua sisi bangunan. Misal, pada pintu dan jendela, contoh seperti ini:

sirkulasi-2

Atau, kalau belum ada dana untuk mengganti pintu juga jendela, bisa dengan solusi lebih murah yaitu dengan memasang batu roster di atas pintu dan jendela. Sedikit juga tidak apa – apa, yang terpenting semua ruangan ada, terutama yang langsung berhubungan dengan area luar, supaya distribusi udara merata dan lancar.

sirkulasi-3

Memang biaya yang dikeluarkan untuk bongkar pasang dan kerja tukang akan relatif lebih banyak, tetapi lebih irita daripada biaya membeli AC, akan jauh lebih menghemat biaya juga energi untuk jangka panjang, dan juga jangan lupa perbanyak menanam tanaman di sekitar rumah, terutama di sisi yang sering terkena matahari. Semoga membantu.