Inilah 5 Pilihan Karir untuk Para Lulusan Luar Negeri

Inilah 5 Pilihan Karir untuk Para Lulusan Luar Negeri

by 8 October 2018

Anda telah menyelesaikan kuliah di universitas luar negeri dan bingung memilih apa? Maka inilah saatnya Anda bersiap untuk memasuki dunia kerja yang cocok dengan minat Anda. Dengan keahlian yang dimiliki, tentunya Anda berharap bisa menemui tantangan menarik yang telah banyak ditawarkan di dalam dunia kerja.

Ternyata terdapat banyak pilihan karir internasional yang memiliki hubungan dengan usaha serta ilmu yang sudah Anda pelajari. Inilah 5 pilihan pekerjaan untuk para lulusan luar negeri yang diambil dari SUN Education.

Perusahaan multi nasional atau MNC

Terdapat banyak perusahaan asing serta multi nasional dari berbagai negara yang ada di dunia ini termasuk juga yang ada di Jakarta. Mereka biasanya membuka lowongan bagi anda pelajar yang baru saja lulus atau pekerja yang telah berpengalaman.

Bidang pekerjaan perusahaan multi nasional pun sangat luas dimulai dari finance, teknik, oil and gas, retails, manufaktur dan masih banyak lagi. Mempunyai pemahaman tentang negara yang Anda wakili serta kefasihan berbicara di dalam bahasa asing tentu menjadi sebuah nilai tambah bagi anda jika dibandingkan dengan calon pelamar yang lain.

Anda semakin mempunyai nilai tambah ketika anda yang ngambil jurusan spesifik dan tidak diajarkan oleh universitas di Indonesia tentu saja perusahaan multinasional akan mencari anda sebagai staff andalan mereka.

Wirausahawan atau enterpreneur                                                            

Menjadi seorang wirausahawan merupakan salah satu pilihan kerja yang banyak diminati karena wirausahawan dapat mandiri dan tidak terikat oleh jam kerja. Pendapatan mereka pun tidak bisa dianggap hanya sebelah mata.

Untuk menjadi seorang enterpreneur memang tidak diharuskan untuk mengambil jurusan ekonomi atau bisnis terlebih dahulu. Hal utama yang dapat mendukung kesuksesan entrepreneurial adalah mempunyai Network yang luas dan ini akan menjadi keuntungan bagi Anda yang kuliah di luar negeri.

Institusi pemerintah

Kesempatan untuk tinggal di luar negeri dan juga mendapatkan status pegawai negeri sipil atau PNS memang sangat menggiurkan. Tidak heran jika bekerja di Kementerian Luar Negeri atau kemenlu sangat diminati.

Untungnya untuk dapat bekerja di kemenlu bukan hanya dimonopoli oleh lulusan jurusan Hubungan Internasional saja, saat ini para lulusan jurusan lain pun dapat mempunyai kesempatan untuk bekerja di kemenlu ataupun kementerian lainnya. Kesempatan lainnya yang bekerja di kedutaan asing atau pemerintahan asing yang ada di Indonesia.

Petugas lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau non governmental organization (NGO) dan organisasi internasional

Jika menjadi seorang penderma atau filantropis merupakan hasrat anda maka pilihlah untuk berkarir di sebuah LSM internasional atau Injil seperti halnya PBB, UNICEF dan EOTO World serta masih banyak lagi.

Beberapa LSM internasional kantor cabang di banyak negara termasuk juga di tanah air. Salah satu keuntungan yang dapat Anda terima ketika melakukan perjalanan yang mengunjungi daerah di Indonesia ataupun keluar negeri untuk melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan misi organisasi tersebut adalah memenuhi hasrat hidup Anda.

Universitas lokal ataupun internasional

Apakah anda menikmati pengalaman untuk belajar di luar negeri? Jika Anda begitu menikmatinya mengapa tidak menjadikannya sebagai sebuah profesi? Beberapa universitas asing justru menawarkan posisi perwakilan universitas dengan pekerjaan meliputi pemasaran atau hubungan internasional.

Anda juga bisa bekerja di universitas swasta lokal ataupun asing di negara Anda seperti menjadi pengajar bidang studi yang dahulu ada dalam negara Anda, International officer atau sejumlah posisi yang memang sesuai dengan minat anda.