Tarik Banyak Wisatawan, Kaliurang Mulai Bersolek

Tarik Banyak Wisatawan, Kaliurang Mulai Bersolek

by 27 September 2018

Bupati Sleman, Sri Purnomo melakukan pengecetan perdana secara simbolis, tanda dimulainya Kaliurang Bersolek bertempat di Tlogo Putri di Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman pada Senin (27/8/2018). Melalui Kaliurang Bersolek diharapkan mampu menarik wisatawan khususnya di daerah wisata Kaliurang.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Prana Binangun, Bejo Wiryanto menjelaskan Kaliurang bersolek, yakni pengecetan warna-warni dan penghiasan yang dipadukan dengan mural-mural di lingkungan Kaliurang, termasuk pengecetan bangunan-bangunan pribadi maupun pemerintah. Karena menurutnya, Kaliurang sebagai ikon wisata sudah terlalu tua dan usang maka dari itu diperlukan perawatan dengan bersolek kembali.

“Kaliurang sudah terlalu tua, kita akan solek untuk mengembalikan kecantikannya yang hampir pudar itu,” kata Bejo.

Sementara itu, Bupati Sleman berharap memalui Kaliurang Bersolek tersebut menjadikan daerah wisata lebih indah dan menarik wisatawan. Ia mengimbau kepada Pokdarwis dan wisatawan kesadaran untuk saling menjaga kebersihan sehingga ketertiban dan keindahannya terjaga.

Menurutnya, objek wisata dapat terus berinovasi untuk menciptakan hal baru walaupun tidak mengubah bentuk sehingga pengunjung dapat datang kembali ke objek wisata tersebut.  

“Banyaknya muncul tempat wisata baru di Sleman, kami berharap kaliurang tetap berbenah sehingga terus meningkat kunjungan wisatanya,” kata Sri Purnomo.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengukuhkan 32 pengurus Pokdarwis Prana Binangun di Omah Jawi Dusun Boyong, Bojong, Hargobinangun, Pakem, Sleman.