Agar Uangmu Tidak Terbuang Sia-Sia, Ini 4 Tips Memilih Bisnis Waralaba

Agar Uangmu Tidak Terbuang Sia-Sia, Ini 4 Tips Memilih Bisnis Waralaba

by 20 September 2018

Membangun bisnis waralaba memang susah-susah gampang. Apabila kamu dapat lebih cermat dan teliti dalam memilih bisnis waralaba yang ingin dijalankan, maka kemungkinan besar bisnis waralaba yang kamu jalankan akan sukses besar. Kenyataannya, waralaba memang tidak jauh berbeda dengan bisnis-bisnis lain pada umumnya. Yang membuatnya berbeda adalah ketika membangun bisnis waralaba segala sesuatunya sudah tersusun dengan rapi. Mulai dari pekerjaannya, cara pembuatannya, dan lain lainnya. Lain halnya dengan bisnis non waralaba, segala sesuatunya dilakukan sendiri.

Memilih Bisnis Waralaba

Masalah yang paling utama ketika ingin membuka bisnis waralaba adalah modal usaha. Bisnis-bisnis waralaba tertentu biasanya lebih membutuhkan modal yang sangat besar. Investasi yang harus dikeluarkan oleh bisnis kemitraan tidak jarang bernilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Seiring berkembangnya waktu, sekarang sudah banyak bisnis waralaba lokal yang menawarkan nilai investasi dengan modal yang minim atau kecil namun dapat meraup keuntungan yang besar.

Nah, bagaimana caranya memilih bisnis waralaba yang tidak membutuhkan modal banyak namun tetap menguntungkan? Berikut, beberapa tipsnya:

1. Pilih waralaba yang sudah terjamin

Ingat, dalam memilih bisnis waralaba tidak boleh asal pilih walaupun modal usaha yang ditawarkan cenderung murah. Lebih baik cari dahulu bisnis waralaba yang sudah dikenal oleh banyak orang. Citra produk dalam bisnis waralaba tentu sangat penting untuk menarik minat masyarakat. Jadi tidak boleh sembarangan memilih.

2. Pastikan izin bisnisnya legal

Penting rasanya untuk memastikan izin usahamu itu jelas dan produk yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan. Intinya jangan sampai salah pilih. Lebih baik mencegah dari awal daripada bisnis waralaba yang kamu bangun nanti harus bangkrut gara-gara tersangkut masalah hukum.

3. Telusuri informasi selengkap-lengkapnya dan kenali franchisor

Cari sedalam-dalamnya informasi mengenai reputasi bisnis waralaba yang akan kamu pilih. Bagaimana pemilik bisnis tersebut awalnya membangun usaha, berapa cabang yang sudah dimiliki, dan lain lain. Dengan begitu, kamu akan tahu apakah bisnis tersebut mampu bertahan lama atau tidak. Bila kamu mengetahui cara franchisor memulai dan mengembangkan bisnisnya, mungkin hal tersebut akan berguna untuk kamu mengembangkan bisnis waralabamu nanti.

4. Pilih lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi menjadi hal penting yang harus dipikirkan dalam membuka bisnis. Pemilihan lokasi dapat berpengaruh pada bisnis waralabamu. Carilah lokasi di tempat yang ramai calon konsumen, seperti perkantoran, kampus, sekolahan, ataupun pusat perbelanjaan. Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis dapat berpengaruh pada meningkatnya omzet penjualan bisnismu.

Beberapa tips memilih waralaba yang tepat tadi dapat mendatangkan keuntungan yang besar apabila dijalankan dengan benar.  “Key of Success” dalam mengembangkan bisnis waralaba yang murah adalah dari pemilihan produk yang akan dijual serta lokasi strategis yang mampu menarik banyak konsumen. Lokasi strategis juga dapat memperbesar peluang usaha Anda agar semakin besar dan jangkauan dari konsumen juga semakin luas.

sumber: bernas.id