7 Syarat Dasar agar Bertahan di Bisnis Waralaba

7 Syarat Dasar agar Bertahan di Bisnis Waralaba

by 17 September 2018

Ketika kamu sudah menjalankan sebuah bisnis, otomatis kamu harus siap juga dengan segala resiko dan masalah bisnis yang akan datang menerpa. Dalam dunia bisnis, persaingan bisnis memanglah sangat ketat. Banyak dari para pelaku bisnis waralaba yang gulung tikar akibat mereka tidak kuat secara mental menghadapi masalah. Atau ada pula yang memang bangkrut gara-gara belum siap menjalankan roda bisnis.

Memang, bisnis waralaba adalah salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis, terlebih untuk para pemula bisnis. Selain karena modal usaha yang dibutuhkan tidak banyak, bisnis waralaba memang jauh lebih praktis karena biasanya peralatan dan perlengkapan usahanya memang sudah tersedia. Namun, kenyataannya tidak sedikit bisnis waralaba yang gulung tikar dalam waktu  yang singkat. Maka dari itu, kamu perlu punya manajemen yang kuat agar bisa menghadapi segala masalah bisnis waralaba yang mungkin nantinya dapat menerpamu.

1. Punya pemikiran dan mental wirausaha

Pemikiran dan mental wirausaha adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Kamu tentunya harus siap menerima segala tantangan yang ada serta tidak mudah menyerah untuk bangkit kembali ketika menemui kegagalan. Banyak dari para pelaku bisnis yang mudah menyerah saat bisnisnya mengalami kerugian. Hal seperti inilah yang biasanya membuat bisnis waralaba tidak bertahan lama.

2. Kuasai peraturan

Apabila kamu calon pengusaha franchise atau penerima waralaba, penting untuk kamu memahami Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 yang mengatur tentang bisnis waralaba saat ini. Peraturan tersebut berisi tentang kriteria bisnis waralaba, perjanjian kerjasama yang benar, hak dan kewajiban franchise dan franchisor, dan lain sebagainya.

3. Cari bisnis waralaba yang berbeda

Kamu harus memilih bisnis waralaba yang berbeda ataupun masih jarang ada yang menjualnya. Bisnis waralaba yang unik dan berbeda, tentu akan menarik minat konsumen untuk mencari tahu produk apa yang dijual. Hal ini tentu dapat berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya bisnis waralaba kamu.

4. Selalu perhatikan kualitas produk yang dijual

Kualitas dan mutu produk yang dijual harus selalu dijaga dan harus sesuai dengan Standart Operating Prosedures (SOP). Terlebih apabila kamu menjalankan bisnis waralaba kuliner. Kualitas rasa dari produk makanan yang kamu jual apabila sudah enak di lidah konsumen, tentu harus dipertahankan secara konsisten. Jangan sampai berubah rasa dan nantinya mengecewakan konsumenmu. Wajib rasanya memberikan pelatihan dan pengawasan rutin kepada karyawan untuk menjaga kualitas rasa masakan.

5. Menjamin kelengkapan barang

Ketersediaan bahan baku di bisnis waralabamu harus selalu diperhatikan. Jangan sampai membuat pelanggan yang ingin membeli produk kamu kecewa karena kehabisan stock dan malah beralih ke outlet lain.

Baca Ini Dia Tips Bisnis Makanan Dari Para Pakar Pelaku Waralaba

6. Miliki strategi jitu

Ketika menjalankan bisnis apapun itu, kamu wajib memiliki strategi jitu untuk tetap bisa bersaing dengan pengusaha-pengusaha lainnya. Kamu butuh strategi marketing dan juga promosi yang cepat untuk membantu mendorong bisnis waralaba kamu agar tetap berjalan lancar. Bisnis waralaba juga butuh inovasi baru agar produkmu tetap memberikan hal-hal baru yang dapat menarik para konsumen agar tidak bosan dan tetap membeli di outlet kamu.

7. Cari lokasi yang strategis

Pilih tempat yang strategis untuk bisnis waralabamu. Usahakan cari di tempat keramaian yang banyak konsumennya. Semakin ramai lokasi yang kamu pilih, semakin besar pula kemungkinan produk kamu akan menarik banyak orang untuk membelinya.