5 Jurus Ampuh Mendongkrak Omzet Hingga Milyaran Rupiah

5 Jurus Ampuh Mendongkrak Omzet Hingga Milyaran Rupiah

by 10 September 2018

Jika kita melihat data BPS tahun 2009, komposisi usaha mikro menempati urutan paling banyak. UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, Menengah mempunyai beberapa perbedaan dengan usaha besar. Salah satunya dari segi omzet, yaitu:

1. Usaha mikro adalah usaha dengan omzet di bawah 300 juta ini menempati posisi paling banyak sekitar 91%

2. Usaha kecil yang beromzet 300 juta – 2,5 milyar menempati posisi ke dua sekitar 8,6 %

3. Usaha menengah yaitu beromzet 2,5 miliar – 50 miliar berkisar 0,29%

4. Usaha besar dengan omzet lebih dari 5 milyar sekitar 0,014%

Semua usaha klasifikasinya dilihat dari seberapa besar kemampuan usaha menarik konsumen untuk menaruh uang / membeli barang atau jasa Anda. Ada beberapa tips agar omzet Anda naik tingkat:

Dalam teori taichi marketing yg dipelopori oleh Laksita Suhud, ada 5 siklus marketing yang selalu Anda maksimalkan:

1. Dapatkan pembeli baru dengan cara apapun

Banyak orang gagal pada tahapan ini karena beranggapan bahwa begitu bisnis mereka memiliki produk yang siap jual, maka pasar akan datang dengan sendirinya. Mereka hanya menunggu bola datang. Agar pasar tidak terlalu ragu untuk mencoba produk dan jasa Anda, pada tahapan ini Anda bisa menggunakan bermacam insentive seperti diskon, voucherfree sample, hadiah undian atau apapun untuk membuat pasar memilih dan membeli produk Anda.

2. Ubah mereka jadi pelanggan dengan cara apapun

Apa bedanya pembeli dan pelanggan? Pembeli adalah orang yang baru pertama kali membeli dan pelanggan orang yang terus menerus membeli.

3. Buat mereka datang lebih sering dg cara apapun

Bagaimana membuat kehadiran mereka semakin mendorong percepatan dan pertumbuhan angka penjualan bagi bisnis Anda secara terprogram. Siklus berikutnya setelah Anda berhasil membuat setiap pembeli menjadi pelanggan setia Anda, maka Anda harus bisa menjaga mereka untuk tetap menjadi pelanggan setia Anda dengan terus menyediakan lebih banyak lagi produk-produk yang mereka butuhkan. Sehingga mereka akan lebih sering lagi mendatangi bisnis Anda.

4. Buat mereka berbelanja lebih apapun caranya

Begitu Anda berhasil menarik pasar untuk mulai membeli dari Anda dan membuat mereka puas, sehingga mulai menjadi pelanggan setia bagi bisnis Anda. Maka langkah selanjutnya yang harus menjadi program kerja Anda adalah membuat mereka setiap kali datang kepada bisnis Anda, mereka akan membelanjakan uangnya lebih banyak lagi kepada bisnis Anda.

5. Menjadikan mereka super sales force Anda

Begitu mereka merasa sangat puas dengan pelayanan Anda, maka tidak henti-hentinya mereka akan menceritakan kehebatan bisnis Anda. Ini yang dinamakan pelanggan menjadi sales pemasaran Anda.

Selamat mencoba!

sumber: bernas.id