Strategi Pemasaran untuk Penggiat UMKM Agar Produk Menembus Pasar Lokal dan Internasional

Strategi Pemasaran untuk Penggiat UMKM Agar Produk Menembus Pasar Lokal dan Internasional

by 7 September 2018

Angin segar berhembus di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Bagaimana tidak, perkembangannya mengalami kenaikan yang cukup berarti di tiap tahun. Hal ini merupakan keuntungan bagi penggiat UMKM itu sendiri, pemerintah daerah dan masyarakat sekitar, karena membuka lapangan pekerjaan bagi para pencarinya. Namun, UMKM di Indonesia masih memiliki potensi yang besar, mengingat para negara tetangga yang perkembangannya berkali lipat dibanding negara sendiri dan melihat sumber daya alam juga kekayaan budaya yang kita miliki. Salah satu permasalahan yang mendasar adalah kesulitan pengusaha kita di bidang pemasaran produk. Dan berikut adalah strategi pemasaran untuk pengusaha UMKM agar produk mereka dikenal tidak hanya di kancah nasional, namun juga internasional.

1. Pastikan Produk Anda Berstandar Nasional dan Internasional

Pelajari dan buat inovasi produk anda berstandar nasional (SNI) dari Badan Standar Nasional (BSN) lalu melangkah ke standar Internasional (ISO). Tujuannya adalah meningkatkan transaksi perdagangan dalam negeri dan internasional.

2. Kembangkan Pemasaran Produk ke Pasar Modern

Lakukan kerjasama dengan pasar modern, seperti supermarket, mal dan pusat perbelanjaan modern lainnya. Masukan produk lokal Anda, dengan sistem kerjasama jual putus, konsiyasi (titip jual), ataupun dalam bentuk private label. Sebelum masuk ke pasar modern tentunya produk Anda akan di uji secara berkala yang tujuannya adalah menjaga kualitas produk untuk para konsumen.

3. Buat kemasan produk semenarik mungkin.

Buat para konsumen Anda jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap produk Anda. Kemasan yang menarik juga dapat menaikkan citra produk. Saat konsumen jatuh cinta untuk pertama kali, mereka akan mencobanya. Keputusan untuk membeli kembali adalah peran dari kualitas produk Anda.

4. Perkenalkan Produk Anda di Pameran Lokal dan Luar Negeri.

Giatlah mengikuti pameran-pameran di tingkat lokal dan luar negeri yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun swasta. Contohnya seperti Pekan Raya Jakarta, pameran ekspo daerah, pameran produk kerajinan, dan semisalnya. Juga aktif mengikuti pameran yang biasa diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Luar Negeri. Ikuti asosiasi industri pada situs-situs lokal maupun internasional yang terkait.

5. Optimalkan Pemasaran Produk UKM

Kementerian Koperasi dan UKM mulai mencanangkan pendirian UKM Mart dan UMKM Mart di seluruh penjuru nusantara. Strategi ini dapat Anda manfaatkan untuk meluaskan jangkauan pasar produk anda. UMKM Mart ini hampir seperti warung, hanya komoditas yang djual merupakan produk penduduk lokal.

Nah, sudah semakin siap bersaing kan?

sumber: bernas.id