5 Hal yang Harus Dilakukan Perusahaan Agar Memiliki Kedekatan dengan Konsumen

5 Hal yang Harus Dilakukan Perusahaan Agar Memiliki Kedekatan dengan Konsumen

by 4 September 2018

Perusahaan yang menyadari pentingnya customer service akan selalu melakukan perbaikan secara terus menerus, baik dari sisi kualitas produk maupun layanannya agar mampu memberikan kepuasan optimal kepada customer. Tujuan akhirnya agar mereka tetap menjadi customer yang loyal dan bahkan dapat menjadi brand ambassador.

Ketika service excellence sudah menjadi bagian dari winning strategy suatu perusahaan, maka segenap upaya akan dilakukan agar mereka bisa memiliki kedekatan hubungan dengan customer. Ini sangat penting karena hubungan baik akan membuat customer merasa dekat dan nyaman.

Ada 5 hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan agar bisa memiliki kedekatan hubungan dengan customer :

Memberikan Dukungan Secara Proaktif

Anda harus mampu mencegah agar customer tidak menghadapi masalah ketika menggunakan produk/ jasa Anda. Tidak ada yang lebih baik dari tindakan pencegahan. Cara yang dapat dilakukan antara lain dengan mendengarkan  keluhan customer di media sosial agar kedepannya tidak terulang kesalahan yang sama. Anda harus bisa beradaptasi secara cepat agar customer tidak kecewa dengan permasalahan yang sama.

Membuat Layanan Self Service

Saat ini, customer lebih nyaman untuk menemukan sendiri apa yang mereka butuhkan melalui teknologi mobile dibandingkan menelepon. Untuk itu sebagai pemilik bisnis, Anda harus mampu menciptakan teknologi self-service agar dapat digunakan secara mudah oleh customer.

Tentu saja untuk dapat menciptakan teknologi yang benar-benar bermanfaat, Anda harus memiliki data yang akurat tentang hal-hal yang sering dialami oleh customer.   Anda juga dapat memanfaatkan kekuatan komunitas customer untuk mendapatkan informasi yang akurat dan masukan yang tepat. Ini juga merupakan cara untuk membina hubungan baik dengan customer.

Mengembangkan Produk Melalui Suara Customer

Anda harus selalu mengembangkan produk/ jasa yang sesuai dengan harapan pelangggan. Jika tidak, maka produk/ jasa yang Anda tawarkan tidak akan diminati oleh customer. Jadi, pada saat mengembangkan produk/ jasa baru – Anda harus selalu melakukan komunikasi dengan customer. Disini jelas sekali bahwa ‘suara customer’ menjadi sangat penting untuk didengarkan.

Perusahaan yang sukses biasanya memiliki prinsip ‘customer centric’. Mereka sangat ahli dalam menangkap sinyal yang diberikan oleh customer sehingga mereka dapat memenangkan persaingan.

Ingat! Customer adalah sumber terbaik untuk mendapatkan umpan balik.

Membuka Akses untuk Berhubungan

Customer selalu ingin dapat berhubungan secara langsung dengan perusahaan Anda. Untuk itu rancanglah interface yang sederhana dalam setiap media komunikasi berbasis web yang akan diakses oleh customer. Hindari kerumitan agar customer tidak mendapatkan kesulitan ketika akan berkomunikasi dengan perusahaan Anda secara online.

Memanfaatkan Multi Channel

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mampu menciptakan komunikasi yang lebih mudah dengan menggunakan banyak channel. Setiap channel punya cara pendekatan yang berbeda dan tidak selalu cocok untuk semua customer. Selain itu, tiap channel juga memiliki keterbatasan dan kelebihan masing-masing. Untuk itulah pemilihan beberapa channel sangat disarankan agar dapat dipakai oleh customer sesuai dengan kenyamanannya. Semua channel harus saling melengkapi sehingga dapat menjadi media komunikasi yang efektif dan efisein.

Dalam tulisan ini saya hanya mengungkapkan 5 hal penting yang harus selalu Anda perhatikan dalam layanan customer. Tentunya masih banyak trend lain yang tidak bisa saya tulis secara lengkap dalam artikel ini. Melalui tulisan ini, saya berharap Anda dapat semakin fokus dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua customer. Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.