UKM Bakal Diseleksi Agar Masuk Marketplace

UKM Bakal Diseleksi Agar Masuk Marketplace

by 4 September 2018

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun meminta semuanya terutama Dinas Perdagangan di daerah, untuk membantu dan mendampingi usaha kecil menengah (UKM). UKM yang memenuhi ketentuan aka diseleksi dan didorong untuk masuk ke marketplace e-commerce. Hal ini untuk mengatasi maraknya produk impor.

“Kami minta seluruh kepala dinas di provinsi untuk membantu menyeleksi dan kami akan terlibat langsung untuk melakukan itu,” ucap Menteri Enggar saat Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/18).

Ia mengungkapkan karakteristik UKM yang didorong masuk ke marketplace adalah yang punya kontinuitas dalam berproduksi serta memiliki kualitas terhadap produknya. Enggar pun akan menemui sejumlah marketplace besar di Indonesia untuk mendukung pemasaran produk-produk UKM untuk bersaing di pasar global.

Menurutnya, marketplace besar di Indonesia terisi produk-produk luar negeri. ia menekankan mulai sekarang marketplace harus dimanfaatkan untuk memasarkan berbagai produk Tanah Air. Enggar berencana mengundang semua pelaku e-commerce, khususnya marketplace, untuk membicarakan tentang porsi bagi produk dalam negeri.

“Negara akan membantu sepenuhnya berbagai hal yang ada untuk membantu UKM yang ada saat ini bisa diekspor ke luar,” lanjutnya.