Ubah Blog Anda Ke Arah Mobile Friendly, 86% Orang Indonesia Akses Internet Lewat Ponsel

Ubah Blog Anda Ke Arah Mobile Friendly, 86% Orang Indonesia Akses Internet Lewat Ponsel

by 29 August 2018

Google belum lama ini melakukan survey dengan skala global yang ditujukan untuk Consumer Barometer 2017. Di dalam survey itu terlihat jika pembangunan infrastruktur sangatlah pesat, belum lagi ketersediaan perangkat ponsel dengan harga terjangkau pun makin meningkatkan kekuatan untuk penertrasi internet di tanah air.

Jika di tahun 2013 pengguna ponsel untuk berinternet ria hanyalah 37% maka di tahun 2017 terdapat peningkatan yang sangat tajam yakni 86%. Survey ini pun bukan hal yang main-main, Google melakukannya dengan skala gblobal yang diadakan ada 63 negara dengan jumlah responden sekitar 80 ribu.

Dari keseluruhan, Google menyebutkan jika 50% orang telah berhubungan secara onlinemelalui ponsel dengan penetrasi sebesar 76%. Pemakai terbanyak ada di negara Arab Saudi sebesar 98% dan yang terendah ialah Ukraina sebesar 51%. 

Jika merujuk Indonesia sendiri, pemakaian ponsel naik dari 14% sampai 60% dari 2013 hingga 2017. Jika melihat dari pemakaian PC tetap naik namun sangat tipis, pemakai internet melalui PC (Personal Computer) hanya naik sebesar 1% dari 21 % menjadi 22%.

Google pun mendapatkan hasil bila pemakaian ponsel untuk berinternet paling banyak untuk aktivitas media sosial yakni 80%, browsing 57% dan streaming video 56%.

Untuk para vlogger, YouTuber dan startup aplikasi streaming video, survey dari Google ini dapat digunakan untuk mengetahui durasi penikmat video streaming dalam menghabiskan data. Bila dilihat, 50% penikmat video streaming menghabiskan waktu menonton video dengan durasi di atas 10 menit. Sedangkan 41% responden lainnya mengatakan membutuhkan 5-10 menit saja untuk ber-streaming dan sisanya tak sampai 5 menit. Jika berbicara tentang selancar di internet, 86% memakainya untuk mencari hiburan, 69% untuk mencari berbagai informasi penting serta 68% digunakan untuk pencarian.

Dari data-data di atas, para blogger pun dapat memfokuskan konten blog atau situsnya mengarah ke arah mobile user friendly, terdapat beberapa tampilan video yang menarik dan pastinya dapat dinikmati oleh pemakai ponsel. Nah, bisa saja mulai merancang blog Anda semenarik mungkin dari data-data di atas.