Ikuti Perkembangan Zaman Now, Saatnya UKM Berbisnis Online

Ikuti Perkembangan Zaman Now, Saatnya UKM Berbisnis Online

by 26 August 2018

Dengan semakin berkembangannya bisnis online, UKM pun diminta dapat segera beradaptasi. Kini para pebisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) harus melek terhadap teknologi dan zaman. Sudah pasti, pemasaran secara online pun menjadi keahlian yang harus dimiliki.

1. Semakin tingginya peranan marketplace

Produsen seperti UKM akan lebih mudah memasarkan produknya melakukan situs jual beli (marketplace). Penyebabnya tentu karena di marketplace tersebut kita akan lebih muda bertemu dengan sesama penjual atau seller dan pastinya konsumen. Terlebih lagi kini banyak marketplace yang memanjakan seller di dalamnya dengan menambahkan fitur channel atau situs ‘sendiri’ agar lebih gampang memasarkan produknya.

2. Semakin efektifnya pelayanan terhadap konsumen

Dengan melalui pemasaran bisnis online, produsen dapat lebih dekat dengan para konsumen. Kini sudah tak zaman memasarkan produk hanya satu arah dimana konsumen wajib menerima pilihan produk yang ada. Saat ini konsumen pun dapat secara langsung berkomunikasi dengan produsen terhadap produk yang diinginkannya. Pastinya dengan cara ini, komunikasi 2 arah menjadi nilai lebih dalam memasarkan produk UKM.

3. Biaya pemasaran bisa lebih rendah

Sekarang sangat wajar bila pebisnis UKM tak mempunyai gedung atau ruangan nyata untuk workshop tetapi memiliki berbagai ‘lokasi’ workshop di berbagai marketplace atau situs toko tersebut. Tentu saja pemeliharaaannya lebih rendah bila dibandingkan dengan menyewa ruangan workshop dan beberapa hal lainnya.  Kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk hal-hal yang lain. 

Nah, itulah 3 sebab mengapa para pebisnis UKM wajib melakoni bisnis online. Tak ada salahnya untuk menambah keahlian dalam dunia maya tersebut. Pastinya akan banyak manfaat yang diperoleh, salah satunya adalah mendekatkan berbagai konsumen di seluruh dunia dengan produkmu.