Pentingnya Sinergi Antara Unit Properti Strategis dan Jaringan Penyedia Akomodasi

Pentingnya Sinergi Antara Unit Properti Strategis dan Jaringan Penyedia Akomodasi

by 13 July 2018

Indonesia, dengan pertumbuhan populasi kelas menengah dan penetrasi internet yang meningkat, memiliki potensi sebagai pasar yang besar untuk pertumbuhan berbagai perusahaan rintisan atau startup.

Peningkatan jumlah pengguna internet berdampak pada perubahan perilaku masyarakat. Berbagai aktivitas dari berbelanja sampai pencarian transportasi yang biasanya dilakukan secara offline sekarang mulai pindah ke ranah online. Pencarian akomodasi juga termasuk dalam aktivitas yang berpindah ke ranah online ini. Harga-harga yang bersaing, kemudahan bertransaksi hingga banyaknya alternatif menjadi faktor pendukung berpindahnya masyarakat ke dunia online. Dengan banyaknya alternatif, jaminan kenyamanan dan kualitas properti yang baik menjadi kunci dalam memenangkan pasar. Kerjasama antara unit properti strategis dan jaringan penyedia akomodasi menjadi sangat potensial.

Potensi kerjasama tersebut disadari oleh HK Realtindo sebagai pengembang properti terkemuka di Indonesia. Sebagai langkah strategis, HK Realtindo menggandeng Airy Rooms terkait pengelolaan dan pemasaran unit apartemen menjadi akomodasi yang setara dengan hotel. Kerjasama ini dapat memberi nilai lebih di tengah persaingan ketat bisnis properti saat ini khususnya dengan maraknya pertumbuhan hunian bertingkat. Kerjasama ini juga menjadi sangat penting karena keadaan pasar dan pelanggan yang makin jeli menuntut para developer untuk terus berinovasi dan mengembangkan ide-ide baru yang kreatif.

PT HK Realtindo (HKR), yang merupakan anak perusahaan milik PT Hutama Karya (Persero) yang bergerak dibidang pengembang properti dan PT. Airy Nest Indonesia (Airy Rooms) sebagai Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang menghubungkan pelanggan dengan kamar-kamar setara hotel di seluruh Indonesia pada Selasa (10/4) kemarin melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Rencana Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MOU) Pengembangan Unit Apartemen milik PT HK Realtindo yang dilakukan oleh Direktur Utama HK Realtindo, Bapak Koentjoro dan Direktur Utama Airy Rooms, Danny Handoko di kantor Pusat Airy Rooms, Jakarta.

Kolaborasi ini dilakukan guna memperluas jalur pemasaran produk properti HKR khususnya dalam meningkatkan pendapatan berulang (recurring income). Melihat trend teknologi digital saat ini merupakan elemen penting yang dapat diperhitungkan untuk meningkatkan pemasaran produk, bahkan untuk produk properti. “Dengan cara ini HKR berupaya memaksimalkan peran teknologi digital yang mudah diakses dan banyak digunakan masyarakat untuk memperluas pasar sasaran bisnis properti, kami optimis dengan menggandeng Airy Rooms dapat membantu meningkatkan keuntungan dan okupansi korporasi,” ujar Koentjoro.

Danny Handoko menambahkan, “Kerjasama Airy dan HKR pada kesempatan ini merupakan kerjasama strategis untuk menyediakan best experience untuk customer. Kami melihat program Best Stay Guarantee dari kami yang menjamin kenyamanan menginap pelanggan, digabungkan dengan portofolio strategis dan berkualitas milik HKR bisa menjadi keunggulan tersendiri di mata customer. Kepercayaan HKR sebagai salah satu pengembang properti terpercaya untuk bekerjasama menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami.“

Kedua belah pihak berharap kerjasama ini dapat terus berkembang pada properti-properti milik HKR lainnya, hingga mampu menjadi solusi yang diterima baik oleh masyarakat.