Bisnis Properti itu Rumit dan Tidak Gampang

Bisnis Properti itu Rumit dan Tidak Gampang

by 4 July 2018

Bisnis properti adalah suatu bisnis yang rumit, tidak gampang, dan butuh proses. Namun bila ditekuni bisa menjadi sumber penghasilan yang melimpah.

Hal tersebut disampaikan CEO Bernas Group Putu Putrayasa dalam seminar “1 Milyar Pertama Dari Bisnis Properti.”

“Bisnis yang selalu dibutuhkan adalah bisnis sandang, pangan, dan papan. Tapi bisnis papan atau properti itu paling menarik, karena harganya selalu naik. Karena itu usahakan untuk selalu punya tanah,” jelas Putu.

Sayang, menurut Putu, banyak orang yang tak paham berapa harga tanah di tempat tinggalnya sendiri. Karena itu, sulit juga bagi banyak orang untuk memulai bisnis properti.

Selain mengerti harga tanah, yang harus dimulai untuk memperoleh 1 miliar pertama dari pengusaha properti adalah memulai dari memperbanyak kosakata. Jika terjun di bisnis properti namun tidak mengerti kosakata, maka menurutnya akan sulit.

“Misalnya kosakata BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) itu harus paham. Di bisnis apapun usahakan kita memiliki kosakata lebih banyak dari orang lain,” ujar dia.

Putu meneruskan, bisnis properti adalah kata-kata. Pelakunya, harus bisa menjadi leader atau pemimpin, dan menguasai banyak kosakata, untuk bisa berhubungan dengan banyak pihak.

“Kalau di manapun teman-teman berada, usahakan promosikan diri. Usahakan cari tanah dengan menggunakan banyak kosakata,” sambung Putu.

Ia juga menjelaskan, untuk bisa memiliki tanah, ada dua cara, bisa dengan membeli, dan bisa dengan mendapatkan surat kuasa jualnya. Cara kedua lebih murah, dengan modal surat perjanjian bermaterai Rp. 6.000 saja hal itu bisa dilakukan.

“Jadi kalau Anda menemukan properti yang lama dijual dan tidak laku, Anda bisa rancang surat kuasa jualnya, lalu menawarkan pada buyer atau pembeli. Membangun network buyer juga pelan-pelan. Mulai isi nomer HP anda dengan nomer-nomer pembeli properti,” saran Putu.

by. Putu Putrayasa