3 Keahlian Membuat Finansial Digdaya

3 Keahlian Membuat Finansial Digdaya

by 6 June 2018

Ketika saya masih berusia belasan tahun, saya sering iri, pada anak-anak muda yang belum genap berusia tiga puluh tahun, tapi mobil tunggangannya terbilang mewah. 

Namun saya bersyukur, iri yang saya punya adalah iri yang positif, karena alih-alih memusuhi, saya justru mencari tahu, mengapa mereka akhirnya bisa memiliki kecepatan finansial yang super, income mereka cukup untuk membeli rumah, mobil, jalan-jalan dan berbagai kebutuhan sekunder bahkan kebutuhan mewah mereka. 

Selidik punya selidik, inilah 3 soft skill yang mereka miliki, sehingga kemampuan finansialmereka terbilang digdaya. 

1. Kemampuan Menjual
Kemampuan menjual, ternyata adalah satu kemampuan yang bisa membuat anak-anak muda ini, memiliki income yang meroket. Kemampuan menjual, apakah itu dilakukan untuk menjual produk atau jasa di perusahaan sendiri atau orang lain, tetap memberikan income di atas rata-rata. 

Kemampuan menjual memang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Sementara di negara kita, cukup sedikit orang yang mau mengambil profesi sebagai penjual. Sehingga wajar, akhirnya profesi penjual dihargai cukup tinggi bahkan diganjar dengan banyak bonus dan penghargaan jika kita sudah mampu melakukannya. 

Saya pribadi,  pergi ke luar negeri pertama kali, ketika saya masih berusia 23 tahun, karena kemampuan menjual salah satu produk perusahaan korea. Perjalanan saya ke berbagai negara, banyak yang saya dapatkan secara gratis, karena prestasi saya di bidang penjualan. 

Menjual tentu bukan hanya menjual produk atau jasa, menjual gagasan, impian, ide, peluang dll juga ternyata bisa melesatkan kemampuan finansial kita, karena income yang diperoleh. 

2. Kemampuan Public speaking
Kemampuan berbicara di muka umum, baik yang berhubungan langsung dengan penjualan atau pun tidak, ternyata juga termasuk kemampuan langka yang dibayar mahal oleh pengguna. Kemampuan seperti artis, motivator, trainer, master of ceremony dll. Tidak lepas dari kemampuan yang satu ini. 

Yang jelas, para pemimpin di bidang apa pun membutuhkan keahlian ini. Dan tentu saja, para pemimpin biasanya dibayar lebih mahal dan memiliki kekuasaan mengelola aset dimana dia memimpin. 

3. Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis, apalagi di era internet dan social media ini, merupakan salah satu softskill yang bisa meningkatkan pendapatan. 

Ada yang hanya dengan membuat sebuah akun sosmed, memiliki ratusan ribu follower atau fans, atau blogging sudah menghasilkan banyak uang. Satu kali update status di akun mereka, bisa menghasilkan jutaan rupiah.

Atau keahlian menulis digabung dengan penjualan secara online, bisa juga mengisi pundi-pundi rekening lebih banyak. Intinya, keahlian menulis menjadi salah satu kemampuan bernilai tinggi yang layak dipelajari. 

Saya sendiri, menggunakan kemampuan menulis saya, untuk menuliskan iklan-iklan bisnis saya. Baik bisnis Properti, Pendidikan maupun Media. Sementara bisnis Perbankan yang baru saya mulai, tentu tidak lama lagi akan mendapatkan sentuhan dari kemampuan menulis ini. 

Jika 3 keahlian ini begitu bermanfaat, bukankah layak anda pelajari secara serius? 

Salam Hebat
Putu Putrayasa