Belajar – Menjadi – Punya

Belajar – Menjadi – Punya

by 31 May 2018

Kisah 8 tahun lalu… “Meskipun beliau trainer hebat, trainingnya belasan juta per peserta, kalo ikut training ke luar negeri nilainya ribuan dollar terus, tapi tempat tinggal masih ngontrak, karena nggak punya rumah sendiri”, ujar pria paruh baya di hadapan saya.

Ini bukan sesi nggosip atau ngerumpi, tapi pria di hadapan saya ini sedang menasehati saya, meniti jalur sebagai Trainer atau Motivator kelak.

Nasehat ini menancap di Pikiran bawah sadar saya. Ternyata begitu pandangan orang lain tentang diri seorang Public Figure, semisal seorang motivator atau Public Speaker. Jadi apa Portofolio seorang Guru, Motivator atau Public Figure yang Kuat di Ingatan Public?

Apakah sederet Sertifikat dari kelas yang telah kita hadiri cukup? Apakah Prestasi sebagai yang terbaik, yang termuda, yang pertama, yang terbaik dll cukup? Oh ternyata itu belum cukup….

Akhirnya.. Orang akan tanya… Apa yang kita Punya..

Kesimpulan saya ketika itu… Setelah tanya sana sini dan membaca sebuah e-book pengembangan diri tentang IDENTITAS DIRI adalah… Orang akan melihat kita dari…. Apa yang kita pelajari.

Jadi Apa Kita dengan yang kita Pelajari itu? Prestasi apa yang kita buat? Apa yang Kita Punya setelah itu?

“To Learn, To Be, To Have…” Bisik saya kepada diri sendiri, mengenai rute yang akan saya tempuh dalam perjalanan saya ke depan. Saya memetakan akan Belajar Apa. Visi yang jelas akan Menjadi Siapa. GOAL yang jelas untuk Memiliki Apa.

Belajar…

Menjadi…

Punya…

8 Tahun Kemudian…

Formula Sederhana ini, mengantarkan saya menjadi Pemilik Holding Company kecil-kecilan yang didalamnya ada Bank, Perusahaan Media dan Perusahaan Pengembang Perumahan (Properti), Hebat Group Asia.

8 Tahun lalu banyak Motivator, Trainer, Public Speaker yang Promosinya Bombastis, Sekarang telah Hilang seperti ditelan bumi. Mungkinkah karena mereka lupa dengan siklus?

Belajar ~> Menjadi ~> Punya ~> Belajar ~> Menjadi ~> Punya ~> Belajar……

?????

Entahlah… Sahabat Pembaca sendiri yang simpulkan yaaaaa….

Semoga kita bisa belajar 3 Hal dari kisah 8 Tahun ini ya kawan….

Belajar ~> Menjadi ~> Punya

Salam Hebat

Putu Putrayasa

www.putuputrayasa.com