5 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Go Public

5 Alasan Mengapa Entrepreneur Harus Go Public

by 17 April 2018 0 comments

Seorang Entrepreneur, jika sudah berani terjun di dalamnya, mestinya salah satu cita-citanya adalah menjadi Perusahaan Publik, inilah 5 alasan utama sebagai Entrepreneur mempersiapkan perusahaannya untuk Go Publik. 

1. Sumber Modal Tak Terbatas 

Dengan Go Public, seorang entrepreneur membuat  perusahaannya memiliki akses kepada dana publik. Artinya jumlah dana yang bisa di akses menjadi tidak terbatas. Berbeda dengan jika kita mengajukan pinjaman ke bank, pegadaian, modal ventura, koperasi dan sumber pendanaan lainnya, yang jumlahnya pasti terbatas.

2. Meningkatkan Profesionalitas SDM

Persyaratan untuk menjadi perusahaan publik, tentu tidak semudah mengajukan pinjaman di bank. Yang paling kentara adalah perlunya SDM yang berkualitas dan profesional, untuk menjaga kepercayaan Publik. Nah dengan go public, perusahaan terdorong untuk menjadi perusahaan yang menyajikan layanan yang profesional. 

3. Memperpanjang Usaha Perusahaan 

Dengan manajemen yang lebih profesional, umur perusahaan akan lebih panjang dan tidak dibatasi usia pemilik atau pendirinya. Pemimpin perusahaan publik diputuskan di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 

4. Warisan yang lebih aman

Banyak pendiri perusahaan ingin mewariskan perusahaannya kepada anak cucunya. Padahal disisi lain, belum tentu anak cucu mereka ingin meneruskan bisnis orang tuanya. Nah ketimpangan harapan ini, bisa diatasi dengan menjadi perusahaan Publik. 

5. Kesempatan yang terbuka luas

Menurut data per juni 2016, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, jumlah emiten di Indonesia baru 527. Namun, berdasarkan data World Federation of Exchange (WFE), jumlah perusahaan terbuka tersebut masih di bawah Bursa Thailand (644 emiten), Bursa Singapura (766 emiten) dan Bursa Malaysia (904 emiten).

Indonesia yang jumlah penduduknya hampir 50 kali lipat dari Singapore, ternyata emiten atau perusahaannya yang melantai di Bursa Efek jauh lebih banyak. Artinya potensi para entrepreneur untuk mempersiapkan perusahaannya menjadi perusahaan Publik dengan cara IPO terbuka sangat Lebar. 

Regulasi oleh pemerintah pun mendukung dan semakin mempermudah persyaratan untuk Go Public. 

Saya sendiri, Putu Putrayasa, telah lama mengidamkan perusahaan saya untuk Go Public, terus belajar dan mempersiapkan perusahaan saya, Hebat Group Asia untuk Go Public di Tahun 2020 Kelak. 

Anda Juga? Belajar bareng yukkk….

Salam Hebat

Putu Putrayasa

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.