8 Tools Membangun Personal Branding

8 Tools Membangun Personal Branding

by 18 May 2016

Meskipun sudah menyadari sejak beberapa tahun sebelumnya, bahwa personal branding adalah hal penting, sebuah Aset yang bisa dikonversi menjadi tangible Aset seperti uang, tanah, ruko, kos-kosan, perusahaan, dll, namun saya baru tahun 2009 secara serius MEMBANGUN PERSONAL BRANDING saya. Saya merasa ini sangat bermanfaat untuk saya, memberi kemajuan yang sangat banyak dalam bisnis, finansial, sosial maupun kehidupan spiritual saya.

Apa itu Personal Branding adalah Sesuatu, yang bisa kita bangun sekali untuk dijual berkali-kali, lalu personal Branding bisa menjadi seperti Bola Salju yang semakin hari semakin besar nilainya. Katakanlah dari Personal Branding yang menghasilkan Profit ratusan ribu, jutaaan, puluhan juta bahkan Milyaran, telah saya hasilkan, karena saya secara terencana Membangun Personal Branding Saya.

Sejak 2006 secara serius saya mengenalkan diri sebagai :
• Sales Trainer
• Entrepreneur
• Penulis Buku
• Trainer Komunikasi dan Penjualan berbasis NLP
• Pengusaha Properti
• Business Consultant
• Business Take Over Specialist
• Pengusaha Media, Properti dan Pendidikan

Sebagian Berhasil dan sebagian lagi Sangat Berhasil. Yang saya maksud berhasil adalah personal brandingnya menghasilkan Cash Flow Positif alias Profit buat saya. Ada yang saya Push, ada yang saya lemahkan sesuai dengan Tujuan yang ingin dicapai dalam tahun berjalan.

Mungkin ada sahabat-sahabat saya, yang ingin membangun Perosnal Branding, dari kelas membangun Personal Branding sebagai seorang Master of Ceremony (MC) dalam acara pernikahan di Kampung dengan honor Rp. 300.000,- sampai dengan Konsultan Bisnis, Coach Atau Trainer dengan Honor 50 Juta per jam, anda perlu merencanakan dengan baik Personal Branding Anda.

Baiklah saya ceritakan, 8 Tools yang saya rekomendasikan, dalam anda membangun Personal Branding.

1. Kemampuan Menulis dan Public Speaking
Saya menyarankan kemampuan ini, yang terlebih dahulu anda Upgrade, sebelum anda melaksanakan 7 Tools lainnya. Karena di Era Socmed ini, tulisan anda, akan menjadi perwakilan atau representasi anda di Gadget ataupun segmen market anda. Sebagian besar orang diserang oleh rasa malas dan tidak percaya diri ketika belajar menulis dan akhirnya berhenti.

Jika anda juga diserang oleh dua musuh utama ini, maka visualisasikanlah, apa yang akan anda raih, jika anda berhasil dalam membangun Personal Branding anda. Aset apa, yang akan anda miliki lebih cepat, dengan cara membangun personal Branding Anda? Bisa jadi itu adalah Pensiun yang lebih Bermartabat, bisa jadi itu adalah tepuk tangan yang meriah di atas panggung, bisa jadi itu adalah rasa bangga keluarga anda, bisa jadi itu adalah Talkshow di Sebuah Stasiun Televisi. Visualisasikanlah, untuk membangun semangat, sampai ia merasuk ke dalam seluruh sel-sel ditubuh Anda.

Tools berikutnya adalah kemampuan Public Speaking, belajar berbicara dengan baik dan persuasif adalah salah satu keahlian yang perlu anda kuasai, darimana pun anda memulainya hari ini. Saya dulu adalah orang yang gugup dan kaki saya gemetar berlebihan, jika berbicara di muka umum, setelah trauma karena dipaksakan membaca puisi di depan ratusan orang, ketika saya masih kelas dua SD, 30an tahun lalu. Tetapi saya berusaha mengatasinya… dan hasilnya pun setimpal.

Saat ini saya telah berbicara dalam interview perorangan untuk calon-calon karyawan saya, memberi training dari belasan hingga puluhan orang, memberi seminar dari ratusan hingga ribuan orang. Meningkatkan terus, kemampuan berbicara di muka umum, dengan berbagai Tools NLP dan Coaching, memberi kepercayaan diri kepada saya, bahwa saya bisa memberi manfaat lebih banyak lagi, ketika saya memiliki kemampuan PublikSpeaking yang Baik.

Kemampuan Public Speaking, menjadi salah satu Tools saya yang paling ampuh, selain kemampuan menulis saya. Nah, bukankah baik, jika anda mengembangkan kemampuan Public Speaking Anda juga

2. Prestasi dan Sertifikasi
Kuliah adalah jalur lambat, Kursus dan Sertifikasi adalah Jalur Cepat. Nasehat Robert T. Kiyosaki ini sangat mengena untuk diri saya, meskipun belum lulus sarjana hingga hari ini (Setelah mendaftarkan diri dan belajar di 7 Perguruan tinggi), Namun saya telah berkesempatan untuk mengajar di depan Para Professor, Doktor, Dosen, Politisi, Pengusaha dll. karena saya memiliki berbagai Prestasi dan Sertifikasi nasional maupun internasional. Bahkan sampai hari ini, saya terus akan menambah jumlah Sertifikasi dan Prestasi yang akan menghiasi Portofolio dalam Curriculum Vitae saya.

3. Menjadi Penulis Buku
Memiliki Buku yang ditulis sendiri adalah Hal yang Mutlak jika anda ingin memiliki personal Branding yang Kuat. Sahabat saya, mengenalkan saya dengan semangat, 300% lebih bersemangat, dibandingkan mengenalkan saya sebagai pengusaha. Bahkan kadang-kadang lebih semangat, dibandingkan mengenalkan saya sebagai peraih rekor MURI Pendiri Perguruan Tinggi Termuda di Usia 26 Tahun. Padahal, meraih Rekor MURI itu, jauh lebih sulit bagi saya, dan mungkin juga bagi anda.
Menulis Buku, membuat anda akan menjadi “Manusia setengah Dewa” begitu biasanya saya memotivasi teman-teman untuk menulis. Mengapa? Karena Seorang Penulis, biasanya dia memiliki Konsep yang Matang, Pemikiran yang lebih komprehensif dan yang jelas, bagi sebagian besar orang di Planet ini, Penulis adalah Orang yang Luarbiasa.

4. Memiliki Website
Memiliki Website adalah salah satu cara, untuk membuat anda memilki Personal Branding yang Kuat. Tahun 2006, saya membuat www.PutuPutrayasa.blogspot.com , blog gratisan, sebagai cikal bakal saya dalam membangun www.PutuPutrayasa.com yang bisa anda lihat dan baca hari ini. Tentu akan sangat berbeda, antara web gratisan dan yang berbayar, calon konsumen akan melihat keseriusan anda dalam berbisnis. Website yang baik dan berkelas, memudahkan prospek dengan sukarela menjadi konsumen.

5. Memiliki Produk Seminar & Training
Terlepas dari apakah anda, ingin sukses dan kaya dari seminar atau tidak, saya sangat menyarankan, anda tetap membuat sebuah seminar. Seminar adalah seperti sebuah Pameran dalam bisnis kita. Seminar adalah kesempatan, untuk mempromosikan ke publik tentang produk anda, seminar tentu harus yang bermanfaat buat peserta. Impact dari Seminar, tidak hanya untuk peserta seminar, tetapi untuk semua orang, yang membaca iklan ataupun berita tentang seminar anda. Training atau Workshop bisa menjadi Sumber pendapatan anda. karena biasanya, Training dan Workshop Cost nya kecil, tetapi peserta training bersedia membayar cukup mahal untuk Keahlian dan Sertifikasi spesific yang anda ajarkan, karena Biasanya dalam kelas-kelas Sertifikasi, diajarkan Basic Teori sekaligus Best Practise dan komunitas untuk mendukung sebuah Kompetensi. Saya Pribadi, Memiliki Sertifikasi dan Licensi, untuk mengajarkan Neuro Linguistic Programming (NLP) sebagai murid langsung dari Founder NLP langsung, Dr. Richard Bandler. Saya juga mengikuti Sertifikasi Financial Planning, Wealth Planning dll. untuk membangun kualitas Training dan seminar serta buku-buku saya.

6. Brosur Digital & Social Media
Brosur digital, apakah itu Meme, brosur seminar, brosur Training, presentasi dengan format power point, brosur produk anda atau apapun, yang mencantumkan foto, nama dan profile anda, sangatlah penting. Anda perlu juga menyusun profile anda dengan Rapi, untuk keperluan ini. Apa saja Prestasi Anda? Apa Saja Sertifikasi yang telah pernah anda ikuti? Apa Saja bisnis dan portofolio anda? Anda perlu meyakinkan konsumen anda, tentang betapa pentingnya mereka berkenalan dan mendapatkan sharing ilmu dan pengalaman dari anda.
Akun sosial media seperti FB, Twitter, instagram, Linkedin perlu anda buat dengan sebaik mungkin dan menjadi representasi anda. Semua meme, brosur, foto-foto profesional, foto informal yang relevan, perlu mudah di akses publik dan itu akan membantu mempercepat meroketnya personal branding anda. Saya pribadi sangat terbantu dengan twitter, FB dan akun Fans Page saya. Bahkan, Saya juga memilki tim Admin yang mengelola Akun-akun social media saya.

7. Komunitas dan Asosiasi
Setelah point-point sebelumnya, anda seharusnya telah memiliki Produk untuk dipasarkan. Anda sendiri telah “Siap Jual” Produk anda juga telah siap jual. Saatnya, anda mulai mengenalkan diri dan produk anda. Komunitas dan Asosiasi akhir-akhir ini, biasanya memiliki Group-Group Socmed, Seperti WA, FB, BB, Telegram, Litebig dll. Manfaatkanlah Group-group tersebut untuk anda mengenalkan diri. Cara terbaik mengenalkan diri adalah dengan menyapa setiap orang yang baru bergabung, sembari menyebutkan website bisnis atau web personal branding anda. Hal lain juga yang efektif adalah dengan membuat artikel yang bermanfaat sekaligus menarik, bagi member group tersebut. itulah mengapa, saya menganjurkan anda Upgrading, kemampuan menulis anda, karena memang sangat penting, baik dalam memperkenalkan diri, menjawab pertanyaan, memberi apresiasi, membuat artikel dan lain-lain. Sebelum anda memulai personal branding, komunitas adalah hal penting untuk anda mengenali market, mencari model, mentor, partner dan lain-lain.

8. Media Partner
Saya sangat terbantu oleh akun Twitter dan FB serta Fans Page saya, namun sy juga talkshow di Radio, nulis untuk koran, Talkshow di Televisi dll. Kita perlu berpartner dengan media, bahkan terakhir saya take over koran BERNAS dan mengembangkannya menjadi 5 Unit Bisnis Media, yang bisa menjadi partner saya dan temen-temen saya dalam membangun personal Branding. Yach…. kita semua tentu menyadari, bagaimana Media mempengaruhi pilihan banyak orang di Indonesia, termasuk bagaimana Jokowi, dari seorang walikota, dalam 2 tahun telah menjadi presiden setelah sebelumnya jadi gubernur DKI, karena beliau adalah seorang Media Darling.
Media Partner, sangat penting, untuk membuat Personal Branding yang telah Anda bentuk, apakah seorang Trainer, Pengusaha Properti, Pengusaha Media, seorang Coach, Business Consultant atau apapun, Media memberi anda kesempatan untuk dikenal oleh ribuan orang dan sekaligus memiliki Fans ataupun Follower anda.
Saya Tahu, banyak orang membutuhkan Media untuk Personal Branding, itu sebabnya, BERNAS memposisikan diri sebagai Media Partner Komprehensif dalam Personal Branding, Terutama mengelola 8 Tools yang saya sayarankan di atas, sehingga siapapun yang ingin melakukan Personal Branding, akan bisa mengelola Personal Brandingnya, dengan Lebih Efisien, Efektif dan Profit.

Demikian dulu Artikel dari Saya, Tentu banyak sekali yang bisa kita Bahas dari 8 Tools Membangun Personal Branding ini, banyak hal yang bisa kita diskusikan, bukan hanya 1 hari, bahkan mungkin dalam proses pendampingan hingga hitungan Tahun, hingga anda benar-benar tampil bersinar di Public, bukan hanya bersinar, tetapi juga benar-benar menjadi ASET semacam Ruko, Hotel, Kos, Kampus, Tanah, Perumahan, Pom Bensin, Villa, Perusahaan ataupun aset-aset lainnya sesuai impian Anda.

Semoga Bermanfaat Untuk Membangun Personal Branding Anda..

Salam Hebat
Putu Putrayasa
CEO Hebat Group