4 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Bisnis Anda

4 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Bisnis Anda

by 28 November 2015

Tidak bisa dipungkiri bahwa segala yang kita lakukan setiap hari merupakan bagian dari hidup kita yang tidak terpisahkan dan saling terpengaruh satu sama lain. Kehidupan bisnis dan kehidupan pribadi kita bukanlah sebuah kehidupan yang terpisah dan berbeda. Keduanya saling berkaitan, kehidupan bisnis dapat mempengaruhi kehidupan pribadi dan begitupun sebaliknya.

Bahkan mungkin kita semua pernah mengalami saat dimana bisnis kita bermasalah, dan sudah kita coba untuk perbaiki namun tetap kembali terjadi. Nah mungkin itulah saatnya untuk memeriksa kehidupan pribadi kita. Jangan-jangan itulah penyebabnya :

  1. Buruk Dalam Mengelola Keuangan Pribadi

Siapapun setuju dan pasti sudah mendengar nasihat dari berbagai pebisnis lainnya bahwa kita harus memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan. Bahkan diawal bisnis, sebagai owner kita pun terpaksa harus menerima gaji bulanan seperti karyawan. Hal ini mau tidak mau memaksa kita harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan. Dan ketika itu tidak dilakukan, hati-hati karena godaan untuk menggunakan uang pengembangan perusahaan cukup besar. Apalagi jika kepemilikan bisnis itu masih dimiliki secara pribadi.

BACA: 5 Detail Kecil Yang Menjadi Kebiasaan Orang Sukses

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Sibuk memperjuangkan kesuksesan bisnis seringkali membuat pebisnis mengabaikan gaya hidup yang sehat. Begadang hingga larut malam, bekerja lebih dari 10 jam, makan sembarangn, mobilitas tinggi dan sebagainya akhirnya menjadi alasan kita melupakan apa pentingnya istirahat, olahraga dan makanan sehat.

Sayangnya, sebagian besar dari kita baru mengerti dan peduli ketika dampaknya sudah mulai terasa. Daya tahan tubuh menuruh, mudah lelah hingga hingga berkurangnya kreatifitas. Barulah kita mulai berpikir untuk melakukan gaya hidup sehat.

  1. Hubungan Pribadi Bermasalah

Bersikap profesional dan memisahkan urusan pribadi dengan perusahaan memang sudah selayaknya dilakukan. Namun pada kenyataannya apakah bisa benar-benar terpisahkan?. Bagaimanapun usaha kita, seringkali masalah pribadi akan tetap menyedot fokus pikiran dan perhatian kita. Sehingga ada baiknya apapun itu segera selesaikan masalah pribadi Anda agar bisa lebih fokus untuk kemajuan perusahaan.

BACA : 5 Kegiatan Yang Bisa Merangsang Ide Kreatif Pengusaha

  1. Menunda

Inilah kebiasaan yang akan menghabisi Anda seperti bom waktu. Satu atau dua kali dilakukan Anda akan merasa tenang-tenang saja. Namun ketika sudah menjadi kebiasaan, Anda akan kesulitan untuk memperbaikinya. Menunda pekerjaan akan menunda hasil. Mengulur-ngulur waktu akhirnya akan membuat kita kehabisan waktu. Dan parahnya lagi sifat menunda pekerjaan  lambat laun akan merusak kredibilitas pribadi dan bisnis Anda.

Bisnis bukan hanya tentang produk apa yang dijual. Namun tentang siapa yang menjalankan. Maka mulailah dari diri kita, tinggalkan dan perbaiki sifat atau kebiasaan buruk yang kita miliki saat ini. Karena disadari atau tidak itu akan mempengaruhi bisnis kita. Seperti sebuah kutipan yang saya dapat dari laman entrepreneur(dot)com.

Change Your Habit, Change Your Business dan Change Your Life

Demikian kali ini. Salam Hebat.