6 Program Pemasaran Yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

6 Program Pemasaran Yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

by 21 November 2015

Mengapa kita perlu membuat program loyalitas pelanggan? Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya untuk mendatangkan calon pembeli dan mengubahnya menjadi pembeli biayanya bisa mencapai 5-7x lipat dibandingkan menjual kepada orang yang pernah membeli produk Anda.

Artinya selain tetap berusaha memperluas pasar dengan mendatangkan banyak calon pembeli baru. Kita juga harus memberikan perhatian lebih kepada orang yang sudah pernah membeli produk Anda sebelumnya atau biasa disebut pelanggan. Sebuah program loyalitas pelanggan sangat diperlukan untuk menjaga pelanggan agar tetap engage dan loyal terhadap produk kita dan bahkan bisa menjadi brand advocate bisnis kita.

BACA:Jurus Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ada banyak cara atau ide program loyalitas pelanggan. Namun dalam kesempatan ini saya akan berikan setidaknya 6 Ide Program Loyalitas Pelanggan :

  1. Membership

Mengikat pelanggan dengan program ini terbukti efektif di berbagai perusahaan. Biasanya dengan menjadi member seorang pelanggan akan mendapatkan beberapa keuntungan atau penawaran menarik lainnya. Program ini juga cocok untuk perusahaan jenis B2B yang bisnisnya bergantung pada pembelian berulang dan jangka pendek.

  1. Sistem Point

Program loyalitas ini banyak digunakan oleh perusahaan ritel dimana frekuensi pembeliannya cukup sering namun nilainya kecil. Pelanggan akan diberikan point setiap kali membeli dan mendapatkan hadiah atau reward menarik jika sudah mencapai jumlah point tertentu. Program ini biasa kita temui di supermarket, restoran dan sebagainya.

  1. Tier System

Program ini ialah kombinasi antara sistem point dan membership. Hanya saja dalam program ini member diklasifikasikan kembali berdasarkan tingkat lotalitas mereka dengan apa yang dapat perusahaan berikan dan biasanya diperuntukan untuk pembelian dengan nilai dan komitmen yang tinggi. Misalkan kartu pelanggan silver, gold dan platinum dalam sebuah perusahaan penerbangan.

BACA :Belajar Dari Transformasi Bisnis Garuda Indonesia

  1. Cross Selling dan Kolaborasi dengan perusahaan lain

Selain dapat meningkatkan jumlah penjualan dan memperluas pasar. Cross selling juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis. Jika perusahaan Anda tidak memiliki banyak variasi produk, maka Anda juga bisa berkolaborasi dengan perusahaan lain. Hal ini akan menanamkan positioning yang kuat di benak konsumen Anda bahwa brand Anda memberikan apapun yang mereka butuhkan.

  1. Menambahkan Social Value

Salah satu keuntungan jika Anda sudah mengenal betul siapa pelanggan Anda adalah Anda dapat memahami betul apa nilai yang dianggap penting bagi mereka. Rasa kemanusiaan, keinginan untuk berkontribusi dan kehidupan sosial adalah hal-hal yang dapat kita maksimalkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Misalkan saja Aqua yang saat ini sedang gencar dengan kampanye sosial temukan Indonesiamu. Mereka mengajak pelanggannya untuk lebih mencintai Indonesia.

  1. Komunitas

Menciptakan dan atau merawat komunitas pelanggan yang sudah ada adalah cara paling jitu yang ada saat ini untuk menjaga hubungan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Misalkan saja komunitas mobil Honda Jazz, Paguyuban Moge, atau yang saat ini sedang booming adalah komunitas My Trip My Adventure. Semakin kuat komunitas tersebut semakin kuat loyalitas mereka terhadap produk perusahaan.

Dan masih banyak lagi ide lainnya yang bisa Anda cari dan adaptasi bagi bisnis Anda. Namun pada intinya dalam memilih dan menentukan program loyalitas Anda harus mengetahui betul seperti apa pelanggan Anda? Positioning apa yang ingin Anda tanamkan? Dan apakah program tersebut dapat membantu Anda mencapai target perusahaan?.

Selamat berkreasi. Salam Hebat.