Siapa Saja Yang Dapat Menjadi Brand Advocate Untuk Bisnis Anda?

Siapa Saja Yang Dapat Menjadi Brand Advocate Untuk Bisnis Anda?

by 19 November 2015

Sukses tidaknya sebuah produk di pasaran bukan hanya diukur dari jumlah penjualan. Namun juga dari berapa banyak orang yang akhirnya engage dan menjadi brand advocate untuk bisnis atau produk Anda. Singkatnya brand advocate adalah orang-orang yang akan membela dan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Karakter pembeli saat ini ialah tidak suka dijuali dan tidak mentah-mentah menerima rayuan (promosi) penjual. Mereka akan membandingkan dan mencari lebih banyak informasi terlebih dulu mengenai produk, bisnis dan bahkan penawaran kompetitor Anda. Saat ini rekomendasi dari orang terpercaya adalah pertimbangan penting saat seseorang akan membeli. Dan disitulah peran brand advocate.

Baca Juga : Rumus Jitu Menentukan Nama Bisnis Atau Brand Produk Anda

Misalkan Anda jual kecap lalu Anda katakan kecap Anda paling enak, mereka tidak akan percaya dan lantas membeli. Namun ketika ada seseorang yang terpercaya mereview dan merekomendasikan kecap Anda, mereka akan lebih mudah percaya.

Lalu siapa Saja Yang Dapat Menjadi Brand Advocate Untuk Bisnis Anda?

  1. Selebritis

Ialah sosok-sosok yang dikenal dan mampu mempengaruhi target pasar Anda. Bisa jadi dari kalangan artis, tokoh, blogger atau seleb di sosmed yang memiliki followers dan interaksi yang baik. Inilah mengapa banyak brand besar yang menggandeng artis sebagai ambassador untuk produk mereka. Nah Anda pun bisa menawarkan kerjasama endorsment kepada mereka agar mau menjadi brand advocate bisnis atau produk Anda.

  1. Pakar atau Ekspert

Rekomendasi dari seorang pakar atau ekspert yang berhubungan dengan produk Anda cenderung lebih dipercaya daripada klaim yang Anda publih sendiri. Misalkan Anda berjualan produk kecantikan, tentu akan lain dampaknya jika ada seorang dokter kulit atau kecantikan yang memang merekomendasikan produk Anda.

  1. Media

Tidak dapat dipungkiri bahwa peranan media terhadap bisnis sangat besar. Tingkat kepercayaan pembeli akan meningkat pesat ketika produk atau bisnis kita diangkat di media. Tentunya berita atau tayangan yang ada di media itu positif sehingga memberikan dampak yang baik pula bagi bisnis kita. Baik itu sdi urat kabar, radio, televisi ataupun media lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Sosial Media Untuk Brand & Akun Perusahaan

  1. Pelanggan Yang Puas

Diantara ketiga point diatas menurut saya yang paling besar dampaknya terhadap bisnis. Jika selebritis, Pakar ataupun media terkadang harus kita harus mengeluarkan biaya tertentu agar mereka mau menjadi brand advocate. Namun seorang pelanggan puas justru dengan sukarela dan bangga merekomendasikan bisnis dan produk kita kepada teman, kenalan bahkan orang yang tidak ia kenal. Maka dari itu berikan kepuasan bagi pelanggan dengan memberikan produk dan pelayanan yang berkualitas.

Keempat brand advocate ini bisa Anda pilih salah satu ataupun mengkombinasikannya. Selamat mencoba semoga sukses.

Salam Hebat.