Jurus Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Jurus Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

by 18 November 2015

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan”. Setujukah Anda?

Sedikit banyak saya setuju dengan hal tersebut, terutama dalam hal menjaga loyalitas pelanggan. Untuk mengundang dan mendatangkan pembeli, kita bisa saja memberikan penawaran yang semenarik mungkin bagi calon pembeli meskipun usaha dan biaya yang dikeluarkan biasanya tidak sedikit. Namun untuk menjaganya agar tetap loyal membeli di perusahaan kita adalah tantangan berikutnya. Karena tidak mungkin kita terus menerus menyuapi mereka dengan penawaran fantastis yang kadang membuat kita menekan keuntungan.

Baca Juga: Inilah 3 Peran Pelanggan Dalam Pengembangan Bisnis

Pelanggan atau orang yang pernah membeli adalah pasar yang sangat potensial, mereka sudah memiliki experience dan sudah teredukasi menggunakan produk dan jasa kita. Namun di tengah persaingan yang begitu ketat, dimana tentunya kompetitor juga memiliki penawaran yang menarik yang bisa saja mengambil pasar pembeli kita. Maka tentu akan sangat melelahkan jika kita terus menerus mencari pelanggan baru. Selain biaya yang lebih mahal, keuntungan yang didapat juga biasanya lebih kecil dibanding jika pelanggan membeli untuk yang kedua kali dan seterusnya.

Untuk itu perlu sebuah usaha untuk menjaga dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Secara umum saya membagi 2 cara untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, yaitu dengan memperhatikan :

Konten Produk

Ialah segala hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita jual. Bentuk, rasa, kemasan, bahan dan sebagainya adalah salah satu bagian dari konten produk.Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas produk adalah faktor penting. Pemasaran yang menarik akan membawa mereka datang pertama kali, tapi kepuasan terhadap produklah yang akan membawa mereka datang membeli untuk kedua, ketiga dan seterusnya.

Baca Juga : Mempertahankan Loyalitas Pelanggan “Becak Pakde Lukito”

Konteks Produk

Ialah bagaimana kita mengemas dan atau menyampaikan produk atau jasa kita ke konsumen. Meliputi komunikasi dan pelayanan terhadap konsumen. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan diantaranya

  1. Budaya Melayani Harus Dilakukan Di Semua Lini\

Mulai dari bagian penjualan, CS, Keamanan, Manajemen hingga CEO semua harus memiliki rasa melayani serta berorientasi kepuasan pelanggan.

  1. Konsistensi dalam menerapkan budaya melayani
  2. Melibatkan dan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan
  3. Buat program menarik khusus pelanggan
  4. Berikan apresiasi terhadap karyawan yang melaksanakan budaya melayani

Sehingga menjadi inspirasi dan semangat bagi yang lainnya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

Baca Juga: Terpaksa Menaikkan Harga? Jaga Pelanggan Anda Dengan 5 Hal Ini

Ketika kita mampu menjaga loyalitas pelanggan bisa jadi mereka bukan hanya akan datang membeli kedua, ketiga kali dan seterusnya. Bahkan mereka bisa mengajak dua, tiga dan lebih banyak lagi pembeli baru yang akan menjadi pelanggan loyal bisnis Anda. Untuk itu mari kita jaga pelanggan  yang sudak kita miliki saat ini.

Salam Hebat.