Compete dan Complete, Mana Yang Menjadi Fokus Anda Saat Ini?

Compete dan Complete, Mana Yang Menjadi Fokus Anda Saat Ini?

by 13 November 2015

Perbedaan satu kata yang dapat mengubah fokus kita dalam bertindak begitupun dalam bisnis kita. Compete atau bersaing dan Complete atau lengkap (saling melengkapi). Secara alami manusia hidup pasti akan mengalami persaingan bahkan sejak awal pembentukan kandungan. Hingga saat ini hampir di semua sisi kehidupan kita penuh dengan persaingan. Namun apa yang terjadi ketika hal tersebut menjadi fokus utama kita?

Seperti halnya dalam bisnis, selalu ada persaingan baik itu dengan kompetitor sejenis, kompetitor barang subtitusi dan sebagainya. Seringkali kita merasa risih dan merasa terganggu dengan adanya kompetitior padahal dalam banyak kasus kompetior memiliki banyak manfaat bagi bisnis kita.

BACA: KIAT HADAPI PERSAINGAN

Tidak ada yang salah dengan bersaing dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Hanya saja tentu semangat bersaing disikapi dengan baik sehingga justru dapat memberikan dampak positif bagi bisnis kita.

Namun ketika kita tidak mampu bersaing sekalipun, bukan berarti kita tidak dapat berdiri dan menunjukan eksisntensi. Fokuslah untuk COMPLETE atau melengkapi. Kita dilahirkan berbeda-beda bukan karena tanpa tujuan. Dan salah satu yang saya yakini ialah untuk saling melengkapi. Tidak seperti Compete, Fokus pada complete membuat kita mau bekerjasama dan berkolaborasi dengan pihak yang sebelumnya kita anggap kompetitor.

BACA: Menembus Ketatnya Persaingan Dengan Diferensiasi

Misalkan dalam bisnis, ketika bisnis yang kita jalankan memiliki persaingan yang ketat dan bisnis atau perusahaan kita secara realitis tidak memiliki daya saing yang kuat. Maka menjadi pelengkap atau fokus untuk COMPLETE adalah pilihan bijak. Misalkan Anda menyasara niche pasa tertentu yang tidak tersentuh mereka, atau bahkan mengembangkan usaha ke bidang yang dapay mensuport bisnis kompetitor.

Namun apakah artinya kita harus menjadi Complete terus? Tentu saja tidak, karena bagaimanapun compete atau persaingan tidak dapat dihindari. Compete dan Complete adalah dua hal yang perlu dan pasti kita lakukan dalam hidup. Kita bisa menggunakan keduanya tergantung situasi dan kondisi yang kita hadapi. Saat kita memang benar-benar harus berkompemtisi maka berkompetitilah untuk jadi yang terbaik. Namun jika kita bekerjasama, maka keluarkanlah kemampuan terbaik karena kekuatan yang kita miliki saat bekerjasama akan menjadi lebih besar dan kuat.

Compete dan Complete, Mana Yang Menjadi Fokus Anda Saat Ini?

Salam Hebat.