Peranan Penting Seorang Intrapreneur Bagi Entrepreneur

Peranan Penting Seorang Intrapreneur Bagi Entrepreneur

by 12 November 2015

Sebelumnya apakah kita semua sudah tahu dan bisa membedakan apa itu entrepreneur dan intrapreneur? Saya yakin sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya. Namun bagi Anda yang belum tahu mungkin penjelasan singkat dibawah ini bisa memberikan sedikit pencerahan tentang perbedaan intrapreneur dan entrepreneur.

Secara sederhananya, entrepreneur ialah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dan membangun perusahaan. Sementara intrapreneur ialah orang yang bekerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan namun memiliki jiwa entrepeneur. Sehingga seorang intrapreneur mampu memberikan karya dan terbaiknya meski berstatus bagi perusahaan atau organisasi tempat ia bekerja.

BACA: Jadi Pengusaha Itu Dilahirkan Atau Dibentuk?

Sebagai contoh, apa yang membedakan Chairul Tanjung dengan Ignatius Jonan?. Bisa dikatakan bahwa Chairul Tanjung ialah sosok entrepreneur yang berhasil membangun perusahaan besar, dan Igantius Jonan ialah sosok intrapreneur yang sukses dan berjasa dalam membangkitkan PT KAI hingga memiliki sistem yang maju seperti saat ini.

Bagi seorang entreprenur, memiliki karyawan dengan jiwa intrapreneur adalah aset yang berharga. Dan hampir setiap perusahaan besar memiliki sosok intrapreneur yang ikut berjuang dan memiliki peranan yang penting bagi kemajuan perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa peranan penting seorang intrapreneur bagi entreprenur :

  1. Menjadi Lawan Bicara

Seorang intrapreneur selalu memiliki visi dan komitmen untuk memberikan karya dan prestasi terbaiknya di manapun ia bekerja. Mereka bukan orang-orang yang sekedar bekerja dan mengikuti sistem yang ada. Dengan keberanian dan komitmennya untuk ikut serta dalam memajukan perusahaan, mereka akan jadi orang yang tepat untuk diajak bicara dan berdiskusi.

  1. Menjadi Teman Berpikir

Melengkapi point pertama, pada dasarnya seorang intrapreneur memiliki pola pikir yang konstruktif. Menariknya, jika kebanyakan dari seorang entrepreneur memiliki sikap yang idealis, maka seorang intrapreneur selalu dapat membumikan ide atau gagasan tersebut sehingga menjadi lebih realistis.

Mereka sangat paham akan detail namun juga memiliki visi dan rencana strategis jangka panjang. Sehingga tentu saja seorang intrapreneur adalah teman berpikir yang sangat baik dan dibutuhkan oleh seorang entrepreneur.

  1. Menjadi Mitra Bertindak

Tidak sekedar mampu bicara dan mengemukakan ide atau pendapat. Mereka juga adalah mitra bertindak yang tepat untuk memajukan perusahaan. Seorang intrapreneur akan berorientasi pada tindakan dan hasil. Mereka akan memperlakukan perusahaan atau organisasi tempat mereka seperti perusahaan atau organisasi miliknya sendiri. Sehingga seringkali mereka akan rela bekerja lebih keras dan berpikir lebih cerdas dari karyawan lainnya.

Nah bagi Anda yang saat ini menjadi seorang entrepreneur, sudahkah Anda memiliki tim dengan jiwa intrapreneur?. Dan bagi Anda yang saat ini bekerja di perusahaan atau organisasi, maka jadilah seorang intrapreneur yang sukses. Karena apapun pekerjaan kita, kita bisa menjadi orang yang berperan dan dikenang.

Salam Hebat.