5 Manfaat Dan Keunggulan Email Marketing

5 Manfaat Dan Keunggulan Email Marketing

by 11 November 2015

Di era internet seperti saat ini, berkomunikasi melalui email tentu bukan sesuatu yang asing bagi kita baik untuk urusan pekerjaan, pendidikan, dan tentunya bisnis. Dalam bisnis, email menjadi salah satu tools yang efektif untuk memasarkan berbagai  produk dan jasa. Bahkan salah satu guru saya bisa menjual ratusan apartemen dengan sekali blasting email ke database yang ia miliki. Sungguh luar biasa.

Untuk itu sangat disayangkan sekali jika kita tidak mempelajari dan mengaplikasikan tools email marketing ini di bisnis yang kita jalankan, terutama Anda yang bergelut di bisnis online. Adapun beragam manfaat dan kelebihan dari email marketing :

  1. Direct

Perbedaan mendasar dalam email marketing dengan media lainnya terutama sosial media ialah ketika kita menyebarkan sebuah informasi. Informasi yang kita kirimkan melalui email akan langsung sampai ke audiens kita, ada notifikasi dan file yang tersimpan. Berbeda dengan sosial media dimana biasaya audiens hanya bisa melihat postingan terbaru kita ketika dia sedang online atau memang sengaja melihat timeline kita. Itupun dengan asumsi postingan kita belum tertimbun update postingan lainnya.

BACA: Tips Berkomunikasi Menggunakan Email Untuk Bisnis

  1. Responsive

Melalui email marketing Anda dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan konsumen Anda. Melalui konten yang kita sebarkan kita dapat mengkomunikasikan dan mengedukasi audiens tentang merk atau produk kita. Selain itu melalui email kita dapat meningkatkan respon dari audiens misalkan dengan memasukan link tertentu atau Call To Action untuk membeli.

  1. Personal

Meskipun Anda memiliki database ribuan orang, secara teknis dalam email marketing Anda dapat membuat email tersebut menjadi lebih personal bagi audiens kita. Kita bisa mengetahui dan menyapa namanya bahkan dengan tools tertentu kita dapat mengetahui umur, minat audiens dan sebagainya. Sehingga kita bisa merancang sebuah konten yang sangat personal bagi audiens namun bisa dikirim dalam satu kali blasting ke ribuan database email yang kita miliki.

  1. Cepat dan Murah

Dibanding dengan media promosi tradisional lainnya. Waktu yang digunakan untuk menyiapkan konten, mengirim dan mendapatkan respon dalam menggunakan email marketing masih jauh lebih cepat dan murah. Untuk bisa menggunakan tools yang profesional saja Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar puluhan dollar saja. Namun bagi Anda yang masih belajar dan memiliki database yang belum terlalu banyak, ada banyak tools email marketing yang menyediakan paket FREE triall yang bisa kita manfaatkan.

  1. Measureable

Keunggulan utama lainnya dari email marketing ialah bisa diukur. Anda dapat melacak siapa saja yang membuka email Anda, mengklik tautan atau link yang Anda sertakan, konversi kunjungan ke web/landing page dan sebagainya. Kita dapat melakukan evaluasi tentang seberapa efektif strategi pemasaran email marketing kita.

Terakhir, kesuksesan email marketing ialah ada pada konten yang Anda berikan di email. Sehingga itu pulalah yang menjadi komitmen kami kepada para sobat pembaca yang sudah mensubscribe newsletter di website ini.  Secara berkala kami akan mengirimkan informasi, tips-tips dan artikel  menarik seputar bisnis terbaru yang tentunya bermanfaat. Bahkan dalam beberapa kesempatan kami pun mencoba untuk menjawab berbagai pertanyaan konsultasi sepitar bisnis yang masuk di email kami.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan update informasi terbaru seputar bisnis terbaru di putuputrayasa.com silakan daftarkan email Anda di kolom SUBSCRIBE.

Salam Hebat.