4 Fakta Menarik Bagaimana Sosial Media Mengubah Bisnis

4 Fakta Menarik Bagaimana Sosial Media Mengubah Bisnis

by 10 November 2015

Perkembangan sosial media seolah menjadi era baru dalam perkembangan bisnis. Meskipun pada dasarnya sosial media diperuntukan untuk perorangan atau pribadi untuk dapat berjejaring atau berkomunikasi dengan banyak orang. Namun kini sosial media bertransformasi sebagai tools pemasaran yang sangat efektif dan bahkan mungkin paling fenonemal di abad ini.

Kenapa? Karena arus komunikasi menjadi sangat terbuka dan saling terhubung satu sama lain secara real time. Tiap orang dapat saling berkomunikasi tanpa kendala jarak dan waktu. Sosial media seolah menjadi dunia kedua tempat hidup seseorang.

Lalu bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis? Tidak terelakan lagi bukti nyata peranan sosial media bagi bisnis.

  1. From Hard Reach To Available Everywhere

Dari yang sebelumnya sebuah bisnis hanya dapat menjangkau target pasar dalam cakupan wilayah tertentu atau sebaliknya audinece yang kesulitan menemukan produk atau bisnis tertentu yang ia butuhkan. Kini dengan adanya sosial media kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi bahkan bertransaksi dimana saja melalui berbagai cara di beragam sosial media.

  1. From Large Campaign to Small Act

Jika dahulu kita hanya dapat melakukan pemasaran secara mass terhadap target audience yang masih terlalu umum. Dengan adanya sosial media kita dapat melakukan pemasaran kepada target pasar yang lebih spesifik bahkan memberikan pelayanan yang lebih baik sesuai kebutuhan masing-masing individu target audience dengan biaya yang relatif lebih murah dari pemasaran secara mass. Lebih mudah, murah dan terarah.

  1. From Controlling The Message To Transparency

Kebanyakan media promosi atau pemasaran sebelum datangnya sosial media bersifat satu arah. Kitalah yang mengontrol pesan atau isu apa yang disebarkan kepada target audience, namun berbeda dengan saat ini. Dengan sosial media, target audience juga memiliki kuasa untuk menyebarkan sendiri pesan atau isu tentang produk kita. Dan itu bisa menjadi viral dan akhirnya membentuk presepsi publik tentang bisnis atau produk kita. Sehingga untuk itu adanya sosial media haruslah menjadi ajang untuk membentuk komunikasi 2 arah sehingga meningkatkan engagement antara brand dan customer

  1. From Selling To Conecting Your Audience

Menggunakan sosial media bukan melulu untuk berjualan. Lebih dari itu sosial media justru adalah wadah yang tepat untuk terkoneksi dan berkomunikasi dengan customer atau calon customer mereka. Kita dapat mendengar, melihat dan mengetahui kebutuhan konsumen dan tren yang sedang terjadi saat ini sehingga bisa memberikan sesuatu yang lebih baik lagi bagi mereka.

Kita semua tahu bagaimana sosial media telah melahirkan banyak bisnis dan pengusaha baru bahkan tak mengenal umur dan latar belakang. Asal ada kemauan dan kemampuan mereka bisa mengoptimalkan sosial media untuk bisnis. Kita juga tahu bagaimana sebuah bisnis bisa semakin besar dan terkenal dan juga sebaliknya, Sosial media bisa membuat sebuah bisnis hancur seketika karena kesalahan atau isu negatif yang yang menjadi viral.

Semua tergantung dari bagaimana kita menggunakannya. Maka pada akhirnya di era sosial media ini mengubah pertanyaan yang sering kita tanyakan pada bisnis kita, yaitu

Dari yang hanya  memikirkan “What’s the benefit?” atau “What’s Our Product”

Kini kita juga harus mampu menjawab  “How do we engage?” dan “How Do We Help?”

Selamat Berjuang. Salam Hebat.